Depok-Dua mahasiswa Program Studi Periklanan Kreatif, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia, mendapatkan pendanaan untuk Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi ini telah dibuka sejak Maret 2021 dan diikuti lebih dari 1.000 kelompok mahasiswa. Dua mahasiswa tersebut adalah Bulan Maria Mundi Octavia dan Najwa Chairunnisa dengan startup ETSTELLAS.IDStartup ini merupakan jenis usaha manufaktur yang berfokus pada clothing brand online lokal Indonesia yang menjual berbagai pakaian dengan desain oversized unisex.

Bulan Maria menjelaskan dalam proses seleksi program tersebut setiap peserta diminta untuk memberikan ide bisnis, tujuan mulia usaha, pasar yang disasar, informasi produk, cara membina hubungan dengan pelanggan, sumber daya usaha, dan lainnya. “Dari 1000 yang mendaftar, ada 455 kelompok berhasil mendapatkan pendanaan yang ditujukan untuk mendirikan dan memajukan usaha mahasiswa dalam berbagai bidang. Setelah pendanaan diberikan, nantinya setiap kelompok akan dinilai dan wajib menyampaikan laporan kemajuan usahanya,” ujar Bulan.

Bulan mengatakan bahwa ETSTELLAS.ID memiliki komitmen untuk berkreasi lebih banyak dalam industri fashion sesuai dengan perkembangan zaman. “Kami melihat saat ini banyak generasi muda yang kebanyakan membeli barang, terutama pakaian, dari luar negeri, sehingga kami berpikir untuk membuat clothing brand yang tidak kalah bagus dengan merek dari luar negeri,” kata Bulan.

Industri pakaian juga menjadi segmen besar dan sedang mencatatkan pertumbuhan produksi paling tinggi di antara sektor lainnya sepanjang kuartal pertama pada tahun 2019. Najwa menyebutkan dengan ilmu Periklanan Kreatif yang dipelajari di Vokasi UI, timnya akan menerapkan strategi branding, kreatif, dan media yang tepat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pada brand.

“Dengan pendanaan yang diberikan, selain untuk modal usaha dan operasional, kami akan menggunakannya untuk promosi melalui digital ads, seperti di Instagram, Facebook, dan lainnya. Tentunya, berbagai media placement di atas akan ditunjang dengan konsep kreatif yang sesuai dan out of the box, sehingga memiliki daya tarik. Di situlah ilmu Periklanan Kreatif akan kami terapkan,” ujar Najwa.

Ketua Program Studi Periklanan Kreatif, Naldo, M.Si., menyampaikan bahwa kewirausahaan menjadi salah satu mata kuliah dasar yang diberikan kepada mahasiswa Vokasi UI. Hal ini karena Vokasi UI ingin memberikan kesempatan serta wawasan seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten maupun menjadi wirausahawan yang mampu menciptakan lapangan kerja. “Kami tidak membatasi mahasiswa untuk berkompetisi hanya pada bidang periklanan atau komunikasi saja. Dengan kompetisi wirausaha ini, mereka akan memiliki pengalaman yang baik dalam mengelola usaha. Tentunya, ilmu periklanan akan sangat bermanfaat untuk diterapkan pada usaha yang dirintis,” ujar Naldo menjelaskan.

author avatar
Humas Program Pendidikan Vokasi UI
WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!