Depok-Saat ini, media, baik media massa maupun daring, merupakan wadah besar bagi banyak orang untuk mengekspresikan karya mereka. Kehadiran media turut menjadi salah satu poros informasi, dari tingkat lokal hingga dunia. Salah satu variasi media yang memiliki daya tarik tinggi bagi masyarakat adalah gaya hidup (lifestyle), seperti kuliner, fesyen, perjalanan, hingga hiburan. Program studi (prodi) Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) sebagai salah satu prodi yang mengedepankan keilmuan di bidang media perlu memenuhi pengetahuan mengenai seluruh aspek media, tak terkecuali media lifestyle.

(Foto: Penampilan salah satu brand pada runway JFW 2023)

Pada akhir Oktober 2022 lalu, mahasiswa Produksi Media Vokasi UI mendapat kesempatan untuk menghadiri acara tahunan pekan mode Jakarta Fashion Week (JFW) 2023. Didampingi oleh Svida Alisjahbana, MBA, salah satu dosen pengampu mata kuliah Pengantar Produksi Media yang sekaligus menjabat sebagai chairwoman JFW dan CEO GCM Group, mahasiswa hadir untuk menonton langsung runway JFW 2023 yang berlokasi di Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan.

Ngurah Rangga Wiwesa, M.I.Kom., CICS, MIPR, Ketua Program Studi Produksi Media, mengatakan, “Kegiatan ini termasuk ke dalam experiential learning bagi para mahasiswa yang juga merupakan capaian pembelajaran mata kuliah Pengantar Produksi Media untuk sesi Pengantar Media Gaya Hidup (Lifestyle Media). Mata kuliah tersebut juga diampu langsung oleh salah satu tokoh media dan mode terbaik tanah air, Svida Alisjahbana.”

(Foto: Svida menggambarkan sedikit pengelolaan JFW 2023)

Tak hanya menyaksikan runway, mahasiswa diajak berkeliling untuk mengetahui proses di balik layar penyelenggaraan kegiatan JFW 2023. Mulai dari persiapan sebelum acara dimulai, tempat model bersiap dan beristirahat, hingga pembuatan papan acara, serta sketsa rancangan pakaian yang menggantung di dinding.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, mengatakan bahwa Vokasi UI, sebagai pendidikan tinggi yang menekankan kemampuan praktik dalam kurikulumnya, berupaya untuk memberikan pengajaran yang sesuai dengan kondisi lapangan kepada mahasiswa. “Praktisi industri yang turut mengajar di Vokasi UI akan memberikan pengalaman lebih nyata kepada para mahasiswa, salah satunya seperti yang dilakukan Bu Svida. Melalui kunjungan ke JFW tersebut, saya yakin mahasiswa akan mendapatkan banyak ilmu baru mengenai media, terutama di bidang lifestyle, secara lebih luas,” kata Padang.