Depok-Program studi (prodi) Bisnis Kreatif, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) mengadakan kuliah dosen tamu bertajuk “Building Agile Organizations through the Lens of Human Resources” secara hybrid pada Senin, (20/03/2023). Kuliah dosen tamu tersebut menghadirkan Hendra Etri Gunawan, Head of Academy (GM Level) Amartha, sebagai narasumber dan dipandu Risca Fleureta Hudiyono, M.S.M., dosen tetap prodi Bisnis Kreatif, sebagai moderator.

“Saat ini milenial sedang menghadapi era VUCA, yaitu Volatility, Uncertainly, Complexity, dan Ambiguity. Era ini digambarkan dengan kondisi perubahan yang begitu cepat yang dipengaruhi oleh banyak faktor yang sulit diduga dan dikontrol. Perubahan lingkungan yang kompetitif ditandai dengan demand technology, situasi pandemi, gen Y, dan gen Z. Sehingga, untuk mencapai agile organization, generasi saat ini harus mampu beradaptasi dengan cepat dan terus berinovasi,” ujar Hendra mengawali materinya.

(Foto: Kuliah dosen tamu tentang membangun organisasi yang agile)

Selanjutnya, Hendra menyatakan bahwa perubahan tersebut memengaruhi jobdesk sebagai SDM yang semakin kompleks. “SDM diharapkan mampu berkomunikasi untuk menyiapkan solusi arah perkembangan perusahaan. SDM bukan hanya memanfaatkan sumber dayanya sebagai capital, melainkan juga dapat membangun dan mengembangkan sumber daya tersebut,” ujar Hendra.

Siklus proses rekrutmen dimulai dari menyiapkan iklan lowongan pekerjaan via LinkedIn dan portal pekerjaan lainnya. Kemudian, tahap sourcing dan screening CV, serta media sosial calon karyawan. Setelah proses screening dilakukan, tahap selanjutnya adalah selecting melalui asesmen, wawancara, dan lainnya. Dalam tahap ini juga perusahaan memberikan penawaran mengenai penetapan gaji, asuransi, dan benefit lainnya. Tahap terakhir adalah onboarding setelah tanda tangan kontrak oleh calon karyawan.

SDM saat ini umumnya menggunakan kerangka kerja dengan konsep how to attract employee dengan tahapan Attraction (Reputation, Employee Value Proposition, Experience), Recruitment, Onboarding, Separation, dan Development. “Perusahaan perlu membangun citranya sebaik mungkin di mata masyarakat melalui budaya kerja yang baik, tempat bertumbuh untuk karyawannya, serta branding yang positif. Sehingga, karyawan akan bangga bekerja di perusahaannya,” kata Hendra.

author avatar
Humas Program Pendidikan Vokasi UI
WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!