Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia Menyelenggarakan The 2nd International Conference onVocational Higher Education (ICVHE) 2017

Bali, 27 Juli 2017 – Setelah sukses menyelenggarakan konferensi pertama pengembangan riset terapan, The 1st International Conference of Vocational Higher Education (ICVHE) Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) kini menyelenggarakan The 2nd International Conference of Vocational Higher Education (ICVHE) pada 27-29 Juli 2017 di Sanur Paradise Hotel, Bali. Konferensi internasional tahun ini mengangkat tema “The Importance on Advancing Vocational Education to Meet Contemporary Labor Demands” ini diikuti oleh 87 riset terbaik dari berbagai perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri.

Konferensi dibuka oleh Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir Muammad Anis, M.Met yang didampingi oleh Direktur Program Vokasi UI Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA. Dalam Kesempatan ini hadir Drs. Bambang Satrio Lelono, MAp, Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas yang mewakili Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia,  Presiden Direktur PT Agung Podomoro, Cosmas Batubara membawakan sambutan inti (keynote speech) di hari pertama saat Gala Dinner. Pada hari kedua, Dr. Tony Chalkley, Deakin University Australia juga akan memberikan keynote speech sebelum paralel presentation session di mulai.

Seluruh makalah riset terapan terpilih dipresentasikan dalam kegiatan ini dengan cakupan bidang:

  1.    Vocational Education Training (VET) Policy and reforms needed.
    2.     Qualifications, training products, and future skills.
    3.     Apprenticeship and traineeship.
    4.     Work-integrated learning on industrial needs.
    5.     The relationship between development and vocational education.
    6.     Strategic partnership between industrial stakeholders.

“Visi Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia adalah menjadi institusi Pendidikan Vokasi yang terkemuka di ASEAN dan mencetak lulusan yang mampu bersaing. Untuk itu penerapan kurikulum berbasis terapan akan menjadi landasan kekuatan utama dalam melakukan terobosan kurikulum dan pengembangan skill berbasis kompetensi” ujar Prof. Dr.Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA, Direktur Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia.

Kegiatan konferensi internasional ini telah melalui serangkaian kegiatan seleksi makalah yang dimulai sejak April 2017. Tidak hanya pemakalah, kegiatan ini juga dihadiri oleh para akademisi yang ingin memperkaya pegetahuan tentang riset terapan.

 

BAGIKAN