Rahmi Setiawati, S.Sos., M.Si.

    243

    rahmi-setiawati_2x3Rahmi Setiawati, S.Sos., M.Si. lahir pada tanggal 02 Oktober 1977, kecintaannya untuk terus mengembangkan ilmu-ilmu sosial, khususnya bidang ilmu komunikasi dan pariwisata, membuatnya melanjutkan studi Pendidikan Program Doktor (S3), Jurusan Komunikasi-Universitas Padjajaran hingga saat ini, sebelumnya melanjutkan studi Program Magister (S2), Jurusan Managemen Komunikasi Fisip UI, dengan tulisan mengangkat tema tentang Perencanaan Manajemen Komunikasi Pemasaran pada Taman Rekreasi (Studi : Taman Impian Jaya Ancol Jakarta), sedangkan untuk Program Strata 1 (S1), Jurusan Administrasi Niaga Fisip UI. Selain aktif di bidang pengajaran, khususnya di bidang pariwisata yaitu sebagai pengasuh mata kuliah Humas untuk pariwisata, pelayanan prima (Customer Service), Pemasaran Usaha Pariwisata, Pengatar Bisnis Event, dan di bidang komunikasi sebagai pengasuh mata kuliah Komunikasi Antarbudaya dan Komunikasi Sosial. Keinginan sangat kuat untuk terus mengkaji tentang masalah-masalah sosial, membuatnya fokus untuk mengkaji tentang peranan komunikasi dalam kajian pariwisata dan tentunya faktor-faktor sosial budaya (socio culture) turut berpengaruh pada pengembangan sebuah kawasan wisata.

    Selain aktif di bidang akademik, Rahmi, sebagai Instruktur di berbagai Instansi, khususnya bidang ilmu komunikasi, diantaranya yaitu di PT. Pertamina, PT. Pupuk Sriwidjaya (PUSRI), PT. Semen Padang, PT. Semen Tonasa, dan Kementerian ESDM. Selain itu sebagai Tim Konsultan untuk bidang Kehumasan di Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Bidang penelitian yang telah dilakukan di bidang ilmu sosial yaitu tentang Pengaruh Eksternal Terhadap Kebijakan Pembangunan Pemda DKI-Jakarta dan Daerah Sekitarnya dan tentang demografi masyarakat transmigrasi di Palembang. Sebagai bentuk memberikan sumbangsih kepada masyarakat, perlu dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat, khusus di bidang pariwisata dan komunikasi yaitu Pelatihan Komunikasi Visual BAgi Anak-Anak Desa Terpencil di Penyangga Taman Nasional Gunung Gede Kabupaten Bogor Jawa Barat dan tentang Kegiatan Anti Kekerasan Seksual Pada Anak di Tanah Tinggi Jakarta Pusat.

    Pengalaman dalam organisasi yang pernah dijalani adalah sebagai Sekreatris Program DIII Vokasi Pariwisata Fisip UI, Bendahara pada Penerimaan Mahasiswa Baru (KAMABA) FISIP UI, sebagai Ketua Panitia Mahasiswa Prestasi di FISIP dan Vokasi UI, serta sebagai anggota Tim untuk pembuatan Booklet tentang “Heritage Tourism Nusa Tenggara Timur” kerjasama antara UNESCO-Indonesia dengan Program DIII Pariwisata FISIP UI.

    Publikasi:

    • 2007 Heritage Tourism Nusa Tenggara Timur
    • 2013 Heritage Tourism Nusa Tenggara Timur
    BAGIKAN