Pusat Kajian Vokasi UI

Ketua: Drs. Kusnar Budi, M.Bus

Pusat Kajian Vokasi (Center for Vocational Studies) atau disebut Puska Vokasi adalah sebuah Unit Kerja Khusus di lingkungan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, yang dibentuk untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya penelitian dan pengembangan dalam pendidikan vokasi. Kegiatan penelitian vokasional yang dilaksanakan oleh Puska dikaitkan dengan keberadaan expertise sebelas Program Studi yang terdapat dalam Program Pendidikan Vokasi UI.

Sebagai Unit Kerja Khusus (UKK), Puska Vokasi UI memfokuskan kegiatan kontributif utamanya pada ranah praktis/terapan yang didukung dengan background akademik yang kuat dari masing-masing program studi, demikian pula secara bersinergi-kolaboratif dari seluruh program studi, serta kerjasama eksternal dengan jaringan industri terkait. Penelitian-penelitian yang dilaksanakan oleh Puska memberikan masukan berupa inovasi bagi peningkatan kualitas kompetensi kerja dan profesionalisme.

Program kerja Puska mendukung kemajuan setiap program studi melalui pelibatan dosen tetap dan mahasiswa Program Pendidikan Vokasi UI. Terkait penelitian terapan, dan pengembangan budaya kerja profesional, Puska menyediakan forum pelatihan/ workshop, diskusi hasil  riset dan berbagai kegiatan yang dirancang bagi para dosen tetap, serta mahasiswa. Dalam upaya pencapaian tugas dan fungsinya tersebut, Puska Vokasi UI menjalin kerjasama dan kemitraan dengan berbagai berbagai pihak terkait/ stakeholders, yang mencakup berbagi industri, perusahaan dan instansi swasta, pemerintah, dan berbagai organisasi kemasyarakatan.  Dalam kegiatannya Puska dapat melibatkan akademisi dan/atau peneliti dari berbagai disiplin ilmu dan keahlian, serta mengikutsertakan praktisi-praktisi dari industri terkait. Seluruh program  Puska dilaksanakan untuk mendukung dan menjadi bagian dari Visi dan Misi dari Program Pendidikan Vokasi UI.

Luaran kegiatan Puska Vokasi

  1. publikasi ilmiah riset terapan (artikel jurnal nasional, internasional terindeks)
  2. prosiding konferensi (nasional/ internasional)
  3. HAKI dari Dosen-dosen Tetap Program PendidikanVokasi UI

Kegiatan-kegiatan Puska meliputi:
– Pengembangan riset terapan, yaitu penelitian yang berorientasi pada penyelesaian permasalahan praktis (applied research atau vocational research)
– Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Pelatihan/ Workshop dan Diskusi
– Pengolahan, pengembangan dan penyimpanan data (Pusdok-Riset Terapan sebagai bahan ajar dan pengembangan modul-modul Vokasional)

X