Perumahsakitan

Program Studi Perumahsakitan

Tujuan dari  program studi ini adalah menghasilkan Ahli Madya pengelola RS yang mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan kesekretarisan medik di RS sesuai dengan etika dan hukum yang berlaku.

Adapun peminatan yang terdapat dalam program studi ini adalah :

  1. Perkantoran Medik

Peminatan ini menghasilkan tenaga yang akan mengisi fungsi administrasi di unit Rekam Medis dan unit-unit penunjang medis lainnya seperti Instalasi Laboratorium, Instalasi Patologi Klinik, Instalasi Radiologi, Instalasi Gizi serta unit lainnya seperti Kamar Operasi dan Instalasi Gawat Darurat.

  1. Sekretaris Medik

Bidang kesekretarisan di Rumah Sakit dapat diisi oleh Lulusan dari Peminatan Sekretaris Medik. Kelebihan peminatan ini bahwa mahasiswa yang lulus telah dibekali dengan beradaptasi dengan kompetensi kesekretarisan dengan latar belakang medis. Bidang ini antara lain di Sekretaris Direksi, Sekretaris Komite Medik,dan Kesekretariatan di unit-unit lainnya.

  1. Akuntansi, Keuangan, dan SDM Rumah Sakit

Kekhususan bidang Akuntansi dan Keuangan Rumah Sakit sedikit berbeda dengan instansi non Rumah Sakit. Mahasiswa peminatan ini dipaparkan dengan akuntansi dan keuangan yang berlatar belakang medis dan Ruma Sakit. Selain itu SDM Rumah Sakit yang terdiri dari berbagai profesi menuntut penanganan khusus. Tenaga yang dihasilkan dari peminatan ini akan mampu mengisi bidang tersebut.

  1. Marketing, Public Relations dan Mutu Rumah Sakit

Dunia marketing Rumah Sakit memiliki aturan dan etika tersendiri yang sangat berbeda dengan marketing secara umum. Peminatan ini akan menghasilkan tenaga yang akan mengisi bidang Marketing Public Relation dan Front Office di Rumah Sakit. Selain itu Bidang Mutu dan Akreditasi merupakan suatukeharusan untuk bersaing di masa depan.

Lulusan dari program studi ini diharapkan dapat bekerja pada lingkungan Rumah Sakit, klinik, industri farmasi, asuransi kesehatan, alat kesehatan dan lain-lain baik milik pemerintah dan swasta nasional maupun bertaraf internasional.

Kurikulum

X