Administrasi Perkantoran dan Sekretari

Menghasilkan tenaga Ahli Madya Administrasi Perkantoran dan Sekretari yang mampu mengelola perkantoran dan menjunjung tinggi Etika Profesi.

Lulusan dari program studi ini diharapkan memiliki kemampuan teknis tinggi (skilled) yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan tugas-tugas di bidang administrasi perkantoran dan kesekretarisan.

Program Studi Administrasi Perkantoran dan Sekretari Vokasi UI bekerjasama dengan IAPA (Indonesian Administrative Professional Association) yang menjadi wadah dari para praktisi yang berprofesi pada bidang administrasi secara luas. Sekretaris sebagai suatu profesi. Paradigma lama peran seorang sekretaris dipandang identik sebagai orang yang menangani dikte, pandai mengetik, atau dikatakan pekerjaan tulis menulis lainnya telah bergeser ke peran yang lebih kompleks.

Dewasa ini fungsi dan peran sekretaris telah mengalami perubahan yang sangat drastis. Bahkan sekarang istilahnya sudah menjadi “Administratif Asisten” sebagai posisi sekretaris yang ditetapkan oleh PSI (Professional Secretaries International) yang berfungsi menangani administrasi dan informasi yang diperlukan pimpinan. Pada bulan Agustus 1998, melalui konferensi di Atlanta, Georgia memutuskan mengubah organisasi PSI menjadi IAAP (International Association of Administrative Professionals).

IAAP mendefinisikan posisi Administrative Professional sebagai suatu profesi yang memiliki keahlian di bidang perkantoran, memiliki kemampuan untuk memikul tanggung jawab tanpa instruksi atasan, memiliki inisiatif dan pengendalian diri, kemudian membuat keputusan dalam skope tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

Jenjang jabatan sekretaris adalah: yunior administrative assistant, administrative assistant, senior administrative assistant, executive assistant hingga office manager.

Dengan adanya penjenjangan jabatan sekretaris ini, akan memberikan peluang bagi para sekretaris untuk meningkatkan kemampuannya. Setiap jenjang jabatan sangat ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki.

Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan posisi administrative professional, meliputi communication skills (listening, speaking and writing), human relation skills, decision making skills, technology skills, dan life-long learning skills.

Diperlukan calon dosen tetap (1 orang) dengan persyaratan:

  • S2 Administrasi Bisnis/Niaga dari PT dengan nilai akreditasi A.
  • Lebih diutamakan yang memiliki sertifikasi sekretaris dari Asosiasi Profesi yang diakui oleh BNSP.

 

Kuriukulum