Administrasi Keuangan dan Perbankan

Deskripsi Program Studi

Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, Program Studi Vokasi, Universitas Indonesia mempersiapkan dan menghasilkan tenaga ahli madya yang memiliki integritas, etika dan moralitas yang luhur, serta adaptif dalam menghadapi perkembangan teknologi. Selain itu, Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan juga menghasilkan tenaga kerja profesional yang mempunyai kemampuan teoritis dan keterampilan praktis.

Visi

Visi Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan yang merupakan turunan dari visi Universitas serta Program Pendidikan Vokasi adalah mewujudkan Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan terbaik di Asia Tenggara yang sesuai dengan kebutuhan industri dan mampu bersaing dengan program diploma lainnya di Asia Tenggara dalam menghasilkan tenaga ahli madya yang profesional di bidang Administrasi Keuangan dan Perbankan dan memiliki integritas, etika dan moralitas yang luhur, serta adaptif dalam menghadapi perkembangan teknologi.

Misi

  1. Memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan masyarakat melalui proses pendidikan dan pengajaran vokasional untuk membentuk karakter lulusan yang memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi melalui.
  2. Memberikan kontribusi yang bermanfaat dan unggul kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat serta penelitian terapan di bidang Administrasi Keuangan dan Perbankan.
  3. Menawarkan mata kuliah yang inovatif dan mampu bersaing dengan program diploma lainnya di Asia Tenggara, dengan silabus terbaru yang memadukan teori dan praktek yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja.
  4. Mengembangkan kurikulum, silabus, dan bahan ajar sesuai kebutuhan dunia kerja berdasarkan Standar Kerangka Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) bidang Administrasi Keuangan dan Perbankan
  5. Menyediakan pengajar-pengajar yang kompeten sesuai dengan bidang yang diajarkan, dilengkapi dengan sarana dan prasarana proses belajar mengajar yang memadai.

Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga-tenaga ahli madya Administrasi Keuangan dan Perbankan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan visi dan misi Program Studi.
  2. Menghasilkan tenaga ahli madya profesional Administrasi Keuangan dan Perbankan yang mempunyai keahlian praktis dengan menjunjung etika dan moral dalam menjalankan profesi di bidang Keuangan dan Perbankan

Kompetensi Lulusan

Lulusan dari Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan telah menempuh proses pendidikan dan pengajaran dengan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills) dan sikap (attitude) yang dibutuhkan oleh industri keuangan dan perbankan. Proses tersebut ditempuh oleh mahasiswa melalui perkuliahan-perkuliahan di kelas, praktik-praktik di laboratorium, dan melalui program magang di berbagai perusahaan/ industri keuangan dan perbankan. Setiap lulusan memiliki integritas diri dan profesi yang kuat, dan siap bekerja. Lulusan Prodi Administrasi Keuangan dan Perbankan juga memiliki sertifikasi profesi setelah menempuh ujian sertifikasi, yang diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi yang didukung oleh berbagai Asosiasi Profesi terkait, dan yang sudah bekerjasama dengan Program Pendidikan Vokasi UI.

Bidang Pekerjaan Bagi Lulusan

  • Marketing meliputi bagian funding dan lending.
  • Operasi meliputi processing, settlement, dan kliring
  • Support meliputi bagian administrasi, legal dan credit analyst
  • Non operasional meliputi karir di bidang: Human Resources Department, IT, compliance, risk management, dan product.

Karir lainnya yang dapat dipilih dan dijalankan oleh lulusan Prodi Admininistrasi Keuangan dan Perbankan adalah bekerja dan mengembangkan pengelolaan keuangan di sektor Usaha Kecil dan Menengah. Sektor ini sering disebut sebagai sektor yang tahan terhadap krisis ekonomi global dan mampu bersaing.

Laboratorium

Demi mendukung kegiatan belajar-mengajar (KBM) dan meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa, Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan

 

memiliki 3 jenis laboratorium yaitu:

  • Laboratorium Minibank
  • Laboratorium Credit
  • Laboratorium Treasury

 

 

Mitra Industri

Dalam penyusunan visi-misi, Ketua Program Studi melibatkan pula Ketua Laboratorium Administrasi Keuangan dan Perbankan, dan Ketua Unit Penjaminan Mutu Akademik, dengan memperhatikan/mencermati dinamika perkembangan industri. Untuk itu, Program Studi berusaha menyerap masukan-masukan dari berbagai pihak dalam industri keuangan dan perbankan yang terus berkembang. Hal ini dilakukan, yaitu dengan melakukan kunjungan-kunjungan/ bertemu dan berdialog dengan para eksekutif industri keuangan dan perbankan; dengan asosiasi profesi (seperti Ikatan Bankir Indonesia), dengan pimpinan program studi sejenis pada beberapa Program Pendidikan Vokasi di luar Universitas Indonesia; serta menyerap informasi dari stakeholders eksternal lainnya  seperti: Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP), Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), serta Kementerian Ketenagakerjaan.

Saat ini, Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan sudah melakukan kerjasama berkelanjutan dengan CIMB Niaga terkait dengan Laboratorium Mini milik CIMB Niaga yang bertempat di Vokasi UI. Selain itu, Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan sedang melakukan penjajakan dengan beberapa industri seperti Bank Syariah Mandiri, Bank Tabungan Negara, dan beberapa BUMN untuk keperluan magang di industri.

X