Administrasi Keuangan dan Perbankan

Deskripsi Program Studi

Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia adalah program studi yang mempersiapkan dan menghasilkan tenaga ahli madya keuangan dan perbankan, yang memiliki etika dan integritas profesi, serta siap bekerja dan berkarir di bidang keuangan dan perbankan.

Kelebihan lulusan

Lulusan dari Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan telah menempuh proses pendidikan dan pengajaran yang memberikan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills) dan sikap (attitude) yang dibutuhkan oleh industri keuangan dan perbankan. Proses tersebut ditempuh oleh mahasiswa melalui perkuliahan-perkuliahan di kelas, praktik-praktik di laboratorium, dan melalui program magang di berbagai perusahaan/ industri keuangan dan perbankan. Setiap lulusan memiliki integritas diri dan profesi yang kuat, dan siap bekerja. Lulusan Prodi Administrasi Keuangan dan Perbankan juga memiliki sertifikasi profesi setelah menempuh ujian sertifikasi, yang diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi yang didukung oleh berbagai Asosiasi Profesi terkait, dan yang sudah bekerjasama dengan Program Pendidikan Vokasi UI.

Bidang Pekerjaan Bagi Lulusan

Profesi dan career path lulusan Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan

  • · Jasa/ pelayanan meliputi call center, teller, dan customer services
  • · Marketing meliputi bagian funding dan lending.
  • · Operasi meliputi processing, settlement, dan kliring
  • · Support meliputi bagian administrasi, legal dan credit analyst
  • · Non operasional meliputi karir di bidang: Human Resources Department, IT, compliance, risk management, dan product.

Karir yang dapat pula dipilih dan dijalankan oleh lulusan Prodi Admininistrasi Keuangan dan Perbankan adalah berkerja dan mengembangkan pengelolaan keuangan di sektor Usaha Kecil dan Menengah. Sektor ini sering disebut sebagai sektor yang tahan terhadap krisis ekonomi global dan mampu bersaing.

Kurikulum