Sejarah

Program Vokasi Universitas Indonesia atau disingkat Vokasi UI dibentuk tahun 2008 berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 492/SK/R/UI/2008. Vokasi UI mengelola 3 bidang keahlian yang didalamnya terdapat 11 program studi jenjang Diploma III (D3).

Sejarah berdirinya Program Vokasi UI dapat ditelusuri sejak tahun 1990-an, dimana penyelenggaraan jenjang Diploma III (D3) saat itu dikelola oleh fakultas di lingkungan Universitas Indonesia. Adapun fakultas yang pernah menyelenggarakan pendidikan jenjang D3 yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ekonomi , Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Mulai tahun 2008, pengelolaan administrasi program pendidikan D3 di UI dilakukan secara terpusat ke dalam satu wadah yang bernama Program Vokasi UI. Hal ini dilakukan untuk melakukan efisiensi pendidikan yang ada di UI sejalan dengan visi Universitas Indonesia menjadi universitas riset kelas dunia dalam menghadapi tantangan global. Dipihak lain program diploma di Universitas Indonesia masih sangat diperlukan oleh masyarakat, hal ini terlihat dari tingginya minat masyarakat terhadap program-program yang lulusannya lebih cepat diserap oleh pasar kerja.

Program Vokasi adalah program pendidikan pada jenjang perguruan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menerapkan keahlian dan keterampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global. Lulusan Program Vokasi diarahkan mampu memasuki pasar kerja di bidang industri atau swasta, lembaga pemerintah maupun non pemerintah atau berwiraswasta. Kesiapan Sumber Daya Manusia tersebut (SDM) memasuki bursa kerja karena beban pengajaran pada program pendidikan Vokasi lebih mengutamakan praktek untuk mengasah keterampilan dibandingkan dengan penguasaan teori.

X