Drs. Mohammad Riduansyah, M.Si.

pak riduan edit lagiDrs. Mohammad Riduansyah, M.Si. lahir di Barabai (Hulu Sungai Tengah) Kalimantan Selatan pada tanggal 13 Desember 1957, berkeluarga dengan 3 anak. Menempuh pendidikan di Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia dan mendapatkan beasiswa Program Peningkatan Akademik (PPA) dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dan sejak mahasiswa (1983) sudah menjadi asisten dosen dalam mata kuliah Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Ekologi Administrasi. Setelah menamatkan pendidikan Sarjana Ilmu Administrasi Negara di tahun 1987 langsung diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan status Dosen Tetap pada Departemen Ilmu Administrasi dan saat ini menduduki jabatan akademik dengan pangkat terakhir Lektor Kepala (IV-b). Sepanjang berkarir dan mengabdi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, berbagai jabatan telah dipercayakan Pimpinan Fakultas dan Pimpinan Universitas. Pada tahun 1988-1993 menjabat sebagai Sekretaris Koordinator merangkap anggota pada Program Studi Administrasi Perkantoran dan Sekretari. Begitu Program Diploma 3 Bidang Ilmu Administrasi disetujui oleh Pimpinan Fakultas dan Universitas, jabatan sebagai Sekretaris Program Diploma 3 pertama dipercayakan kepadanya dari tahun 1989-1998.

Ditengah-tengah kesibukan dan berpartisipasi dalam mengembangkan Program Diploma 3, pada tahun 1993 melanjutkan studi S2 di Universitas Indonesia atas beasiswa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (TMPD). Setelah menamatkan studi S2 berbagai jabatan lainnya yang pernah dipercayakan adalah Sekretaris Program Pascasarjana Ilmu Administrasi (2000-2005), Ketua Program Diploma 3 Bidang Ilmu Administrasi (2005-2008). DI tahun 2008 Program Diploma yang berada di berbagai Fakultas di satukan dalam satu wadah Program Vokasi Universitas Indonesia, dan jabatan Ketua Bidang Studi tetap dipercayakan Pimpinan Vokasi (2008-2012), dan sejak Januari 2012 Pimpinan Universitas menugaskan menjadi Wakil Ketua Program Vokasi sampai Februari 2014. Di samping jabatan-jabatan struktural juga pernah dipercaya duduk sebagai anggota Senat Akademik Fakultas (2007-2014), anggota Senat Akdemik Universitas (2007-2011) dan berbagai jabatan dalam kepanitiaan lainnya; seperti Panitia Pembangunan Gedung Prajudi, Gedung Koentaraningrat, Gedung Selo Soemardjan dan Gedung Vokasi Universitas Indonesia.

Meskipun menduduki berbagai jabatan, jenjang karir akademis dan pengajar lainnya tidak pernah dilupakan. Berbagai penelitian telah dilakukan dengan tema pemerintahan daerah, organisasi dan manajemen serta kajian-kajian perkotaan dan pembangunan regional, baik penelitian individu maupun kerjasama dengan berbagai instansi swasta dan pemerintah. Telah menulis dalam jurnal serta mengikuti berbagai seminar, diskusi dan simposium nasional dan internasional.