Drs. Kusnar Budi, M.Bus.

kusnarKusnar Budi berkarir sebagai dosen Jurusan Ilmu Administrasi FISIP UI mulai tahun 1989. Pada awal karirnya, menjadi asisten dosen beberapa mata kuliah, antara lain : Kebijakan Publik, Hubungan Industrial (Hubungan Ketenagakerjaan), Pengembangan Sumber Daya Manusia; Perilaku Organisasi dan Asas-asas Manajemen. Sebelum itu, bekerja sebagai penyiar/reporter Radio Elshinta dan dan TOP FM Jakarta (1987-1994). Pekerjaan di Radio telah mengantarkan dirinya bergabung dalam tim dosen UI. Pada tahun 1989, saat mengurus legalisasi ijasah Sarjananya untuk persyaratan melamar pekerjaan (posisi Penyiar/Reporter) pada Radio Nederland Wereldomroep di Hilversum-Belanda, di Kampus FISIP UI sedang dibuka lowongan untuk menjadi Dosen Tetap Ilmu Administrasi. Suratan takdir menentukan, lamaran ke FISIP UI yang diterima; sedangkan lamaran ke Belanda terlambat diterima oleh Panitia Seleksi. maka sejak tahun itu pula mulai “bersiaran” langsung di kelas-kelas mahasiswa Program Sarjana Ilmu Administrasi. Pagi bertugas di FISIP UI dan sore atau malam masih bersiaran di Radio Elshinta/TOP FM Jakarta, demi menafkahi istri dan dua anaknya saat itu. Pada tahun 1990, status menjadi Dosen tetap diperoleh setelah mengikuti pelatihan prajabatan. Karir di Radio sempat meningkat menjadi Program Manajer, dan terakhir General Manajer (1991-1993) yang sempat membawanya ke Amerika Serikat, untuk belajar di beberapa radio stations dan production houses di Los Angeles dan San Francisco.

Pada tahun 1994 mendapat beasiswa AusAID (sebelumnya bernama AIDAB) Scholarship dari pemerintah Australia, untuk Program Master of Business Management (MBus) di La Trobe University, Melbourne, Australia dan S3 Pendidikan Doktoral di Victoria University, Melbourne, Australia masih dalam progress penyelesaian. Setelah menyelesaian studi S2, diangkat menjadi Sekretaris Jurusan Ilmu Administrasi (1997-2001). Pada tahun 1998 mulai bertugas menjadi Instruktur Praktek dan Simulasi Bank pada Program D3 Administrasi Keuangan dan Perbankan. Tugas di Laboratorium Perbankan (kerjasama Program D3 Administrasi FISIP UI-LIPPO Bank) itu dijalankan setelah menempuhTraining for the Trainers di Diklat LippoBank Karawaci. Pada saat pengintegrasian Program Pascasarjana ke Fakultas, mendapat tugas menjadi Sekretaris Program Pascasdarjana Ilmu Administrasi FISIP UI (2000-2004). Selanjutnya, mulai tahun 2011 mendapat tugas sebagai Ketua Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan Program Vokasi UI.

Beberapa pengalaman berkesan antara lain : mendapat kesempatan langka menjadi salah satu dari empat Fasilitator Program Transformasi Kepemimpinan di Indonesia Angkatan ke-3 (2013) yang diadakan di Diklat Kemendagri Jakarta, dan di Kampus Harvard Kennedy School,Harvard University, Cambridge, Amerika Serikat, dengan peserta 40 Bupati/Walikota dan Ketua Bappeda dariseluruh Indonesia. program ini adalah kerjasama Kemendagri dan HKS Indonesia Program, serta disponsori oleh Yayasan Rajawali.

Mengikuti seminar Banking Industry in An Extremely Dynamic World : Becoming Prosperous and Proper. Penyelenggara LPS, Jakarta, Indonesia (2012). Menjadi panitia pengarah pada PPIA Conference, the Voise of Indonesia Future Leaders, Melbourne, Australia (2008). Menjadi fasilitatorWorkshop on Good Governance, dengan peserta pada mahasiswa Program Magister Ilmu Administrasi Negara; Flinders University, Adelaide, Australia (2004). Mengikuti Workshop on Productivity Strategy for Public Sector Enterprises sebagai salah satu penyaji, di Dhaka, Bangladesh, disponsori oleh Asean Productivity Organization (2004). Mendapatkan kesempatan mengajar selama satu semester di LA Trobe University, Australia untuk beberapa mata kuliah Indonesian Studies yang diikuti oleh para mahasiswa Business Management; Politics and International Relations dan Australian Teachers yang mengajar Bahasa dan Kebudayaan Indonesia (2000). Ikut dalam Tim Penelitian Jurusan Ilmu Administrasi FISIP UI mempelajari One Village, One Product-Movement di Oita Prefecture Japan, disponsori oleh Japan Foundation (1998).

X