Sekilas Program Pendidikan Vokasi

Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi tenaga profesional pada bidang keahliannya. Terdapat 3 bidang/rumpun keahlian yaitu rumpun Kesehatan ; rumpun Pariwisata, Bisnis dan Perkantoran; rumpun Sain dan Teknologi. Saat ini terdapat 11 program studi, dan terus dikembangkan program studi lain untuk mengisi kebutuhan keterampilan-keterampilan khusus di industri dan pemerintahan. Program studi baru hanya dikembangkan untuk mengisi tenaga terampil pada bidang-bidang tertentu maupun lintas bidang studi sehingga lulusannya akan memiliki jalur karier yang spesifik dan hanya dapat diisi oleh para lulusan program vokasi.

Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia merupakan pendidikan tinggi kejuruan diploma (D3 dan D4) dimana lulusannya diarahkan untuk menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sebagai tenaga kerja di industri, lembaga pemerintahan/swasta atau berwiraswasta. Pola pengajaran pada program ini lebih mengutamakan pada pengajaran keterampilan dan keahlian praktek dibandingkan dengan penguasaan teori. Para lulusan SMA ipa/ips dan SMK dapat mengikuti pendidikan ini agar dapat mengisi kebutuhan tenaga-tenaga ahli profesional di negeri sendiri dan di negara lain.

Program ini telah didukung oleh kerjasama antara Universitas Indonesia dengan industri-industri terkemuka di Indonesia untuk penyediaan kegiatan-kegiatan praktek lapangan dan magang. Oleh sebab itu, lulusannya sebagian besar langsung bekerja. Lama pendidikan vokasi di Universitas Indonesia ditempuh selama 3 tahun untuk program D3 dan pendidikan lanjutan 1 tahun untuk program D4 (masih dalam proses).

Untuk mengantisipasi persaingan pasar kerja yang semakin ketat baik di Indonesia maupun di lingkungan negara-negara ASEAN, program vokasi Universitas Indonesia bekerjasama dengan beberapa Asosiasi Profesi untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswanya melalui ujian sertifikasi profesi. Dengan demikian lulusan Program Vokasi Universitas Indonesia akan memiliki keunggulan karena selain mendapatkan ijazah Diploma juga dibekali Sertifikat Keahlian dari kerjasama antara Universitas Indonesia dan Asosiasi Profesi.