Program Studi Perumahsakitan

Deskripsi Program Studi:

Program Studi Perumahsakitan, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia adalah program studi yang mempersiapkan dan menghasilkan tenaga ahli professional tingkat madya yang memiliki keterampilan praktis sehingga sanggup melaksanakan tugas-tugas pekerjaannya dengan baik dalam bidang manajemen rumah sakit dan bersaing di skala internasional.

Visi:

Menjadi program diploma unggulan di bidang Perumahsakitan di Asia Tenggara yang menghasilkan lulusan yang beretika, profesional dan siap pakai pada tahun 2025.

Misi  :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan perumahsakitan secara profesional, mandiri dan memberi manfaat langsung pada stakeholder.
  2. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan menjawab tantangan nasional serta global.
  3. Menghasilkan lulusan yang bermoral tinggi, profesional, siap pakai, terserap tinggi di lapangan kerja dan mampu bersaing secara global.
  4. Memberikan kontribusi yang bermanfaat dan unggul kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat serta penelitian terapan bidang perumahsakitan.

Tujuan

Tujuan Program Studi ini adalah menghasilkan ahli madya perumahsakitan yang mampu mengelola kegiatan administrasi rumah sakit dan kesekretarisan medik secara profesional.

Kompetensi Lulusan

Kurikulum dirancang agar mahasiswa memiliki kemampuan kompetensi keterampilan sesuai kebutuhan dunia kerja. Proses perkuliahan lebih mengutamakan praktik dimana 60% SKS Praktik dan 40% SKS Teori. Perbandingan SKS ini bila di konversi menjadi jam belajar maka akan menjadi 80% jam praktik dan 20% jam teori. Dengan besarnya jumlah jam praktik ini akan menjadikan keterampilan mahasiswa menjadi lebih baik. Untuk meningkatkan pengalaman belajar pada akhir pendidikan diadakan magang yang dilakukan di rumah sakit pemerintah dan swasta terkemuka yang telah bekerja sama dengan Program Pendidikan Vokasi UI di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Bidang Pekerjaan Lulusan

Lulusan Program Studi Perumahsakitan umumnya terserap pada bagian administriasi di Rumah sakit baik Rumah Sakit Pemerintahan maupun Swasta. Selain itu tidak hanya rumah sakit, namun juga lulusan Program Studi Perumahsakitan terserap berbagai industry.

Mitra Industri

Program Studi Perumahsakitan menjalin berbagai kerjasama dengan beragam industry dalam bidang kesehatan. Salah satunya menjalin kerjasama dengan Persatuan Rumah Sakit Indonesia(PERSI) untuk penyediaan tempat magang bagi mahasiswa. Lebih khusus, Program Studi Perumahsakitan telah melakukan kerjasama dengan beberapa rumah sakit di Jabodetabek diantaranya Hermina Group, RS Medistra, RS Jakarta Eye Center, RS Grha Permata Ibu. Adapun kerjasama yang dilakukan berupa Early Recruitment Program (ERP), dimana proses rekrutmen karyawan dilakukan pada saat mahasiswa magang.

Sertifikasi Lulusan

Lulusan program studi ini akan memiliki beberapa sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Bahasa Universitas Indonesia sebagai pendamping ijazah utama. Mahasiswa Program Studi Perumahsakitan dibekali Sertifikasi Kompetensi sesuai SKKNI No. 183 Tahun 2016 Bidang Administrasi Profesional. Ujian sertifikasi dilakukan pada mahasiswa semester 6 sebelum lulus dengan 21 Unit Kompetensi sesuai Skema Hospital Executive Administrative Assistant. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing lulusan Program Studi Perumahsakitan di dunia industri, sehingga lulusan yang memegang sertifikat kompetensi tidak diragukan lagi keterampilan kerjanya.