Penyiaran Multimedia

Deskripsi Program Studi

Program Studi Penyiaran Multi media merupakan program studi yang berfokus untuk mendidik mahasiswa dalam produksi karya penyiaran dan multimedia. Mahasiswa dalam program studi ini diajarkan untuk merencanakan proses produksi, produksi hingga proses pasca produksi dalam sebuah karya penyiaran dan multimedia baik itu untuk konten televisi, radio, media sosial
dan multimedia lainnya sesuai dengan kaidah etika profesi.

Visi

Menjadi pusat pendidikan Penyiaran Multimedia terapan yang unggul dan berdaya saing di ASEAN dengan meningkatkan pengetahuan dan teknologi terapan di bidang Penyiaran Multimedia untuk menghasilkan lulusan yang mandiri, unggul, serta mampu menyelaraskan pendidikan formal dan kebutuhan dunia industri.

Misi

  • Menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas;
  • Mendorong ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten di bidang komunikasi Penyiaran Multimedia dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap etika profesi
  • Menciptakan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi pekerti luhur,bertanggungjawab, berintegritas, beretika sertamampu bersaing secara global.

Profil Lulusan

Lulusan dari program studi penyiaran multimedia akan memiliki skilldan knowledgetentang sistem operasional studio siaran radio dan TV, sistem pemancar radio dan juga televisi, perangkat pengembangan konten multimedia seputar animasi, penyuntingan foto/video, penggunaan peralatan kamera, pencahayaan. Para lulusan akan mampu terlibat dalam tim produksi (operasional)dan programmingradio dan TV, juga di industri media yang lain.Kualifikasi yang dibutuhkan lulusan Program Studi Penyiaran Multimedia meliputi kompetensi yang harus dicapai oleh lulusan di era digital sesuai kebutuhan dari industri radio, televisi, dan berbagai multiplatformlainnya.

Tujuan Pendidikan

Tujuan Pendidikan Program Studi Komunikasi adalah:

  1. Menghasilkan Program Studi Penyiaran Multimedia yang memiliki keahlian (skills) profesional
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Penyiaran Multimedia
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan sistem informasi dan berkomunikasi dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan kode etik profesi, nilai dan sikap profesional
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu memutakhirkan kompetensi yang dimilikinya atas perkembangan teknologi pada dunia Penyiaran Multimedia.

Bidang Pekerjaan Lulusan

Peminatan Broadcasting(Penyiaran)

Pesatnya pertumbuhan industri televisi di Indonesia, terutama dengan lahirnya banyak stasiun televisi lokal, dapat menjanjikan banyak harapan bagi praktisi penyiaran multimedia..Berkarir di dunia penyiaran multimedia dapat meliputi berbagai macam jabatan, antara lain penulis naskah(writer), asisten produser, produser, produser eksekutif, reporter, cameraman, switcher,editor, multimedia officer, koordinator peliputan dan lain sebagainya.

Mitra Industri

Program Studi Penyiaran Multimedia telah bekerjasama dengan berbagai instansi baik itu pemerintahan maupun swasta baik dalam negeri maupun luar negeri untuk peningkatan kompetensi, penyediaan laboratorium, penyaluran lokasi magang. Adapun mitra yang sudah bekerja sama antara lain Media Group & Narasi TV.

Sertifikasi Profesi Lulusan

Sertifikasi profesi lulusan prodi ini antara lain Camera Person, Video Editor dan Presenter. Mahasiswa dapat memilih sesuai minat atau mengikuti ketiganya.