Deskripsi Program Studi

Program Studi Periklanan Kreatif merupakan program studi yang berfokus untuk mendidik mahasiswa untuk menjadi profesional kreatif yang terampil,  mampu menciptakan dan mengeksekusi iklan multimedia serta mampu mempertanggungjawabkannya dengan kinerja keuangan (Performance) yang terukur

Visi

Visi Pendidikan periklanan terbaik di Asia Tenggara dengan meningkatkan pengetahuan dan teknologi terapan di bidang periklanan untuk menghasilkan lulusan yang mandiri, unggul, serta mampu menyelaraskan pendidikan formal dan kebutuhan dunia industri.

Misi

1) Menciptakan kurikulum berbasis kompetensi, profesional dan berbudi pekerti.

2) Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang bermutu dan relevan dengan perkembangan jaman untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia.

3) Mewujudkan kerjasama dengan dunia Industri serta Asosiasi Profesi di tingkat nasional maupun internasional.

4) Mempersiapkan dan menciptakan lulusan yang mempunyai kompetensi secara profesional di tingkat nasional maupun internasional.

Profil Lulusan

Secara spesifik maka keterampilan yang akan ditekankan pada lulusan Program Studi Periklanan Kreatif Vokasi UI adalah sebagai berikut (KepMenakertrans No.351, 2014):

1) Terampil pada bidang perencanaan usaha (account planning)

2) Terampil pada dua bidang utama kreatif dan media (creative and media) dengan kualifikasi lulusan diantaranya:

3) Terampil pada bidang pengukuran kinerja program periklanan (performance) dengan kualifikasi lulusan diantaranya:

Dengan menguasai tiga kualifikasi di atas, maka dipastikan lulusan Program Studi Periklanan Kreatif Vokasi UI akan menjadi tenaga kerja hybrid yang sangat ideal dan mumpuni di industri periklanan dalam dan luar negeri.

Tujuan Pendidikan

Tujuan Program Studi Periklanan Kreatif Vokasi UI adalah menghasilkan lulusan dengan derajat diploma yang mampu memenuhi kebutuhan industri pada bidang ilmu Periklanan, dengan kompetensi sebagai terampil kreatif advertising, yaitu:

  1. Terampil pada bidang perencanaan usaha (account planning) dengan kualifikasi lulusan diantaranya:
  2. Terampil pada dua bidang utama kreatif dan media (creative and media) dengan kualifikasi lulusan diantaranya:
  3. Terampil pada bidang pengukuran kinerja program periklanan (performance) dengan kualifikasi lulusan diantaranya:
  4. Memiliki moral demokratis, sejahtera, dan beradab, serta menjunjung tinggi etika dan kode etik profesi periklanan.
  5. Memiliki integritas dan kemampuan untuk saling menghargai kebhinekaan dalam lingkungan yang aman dan bersahabat.
  6. Memiliki hasrat untuk menerapkan dan mengembangkan keilmuan periklanan mengacu pada perkembangan teknologi dan perkembangan bidang ilmu terkait lainnya

Mitra Industri

Program Studi bekerjasama dengan berbagai instansi baik itu pemerintahan maupun swasta baik dalam negeri maupun luar negeri untuk peningkatan kompetensi, penyediaan laboratorium, penyaluran lokasi magang. Adapun mitra yang sudah dan dalam proses penjajakan kerja sama antara lain Mullenlowe Group Indonesia, Dentsu Aegis Network, Publicis Group, Hakuhodo, Fox Networks Group, Telkom DDS.

Sertifikasi Profesi Lulusan

Sertifikasi profesi lulusan prodi ini adalah skema Strategi Periklanan Kreatif