Deskripsi Program Studi

Program Studi D-III Manajemen Rekod dan Arsip, dulu bernama Manajemen Informasi dan Dokumen (MID), adalah program studi yang menyelenggarakan pendidikan bidang kearsipan dan informasi. Lulusannya  diharapkan mampu menangani pekerjaan-pekerjaan pengelolaan arsip, rekod, dan informasi (document and information management) secara umum dan menyelesaikan tugas-tugas profesional informasi tertentu (particular professional task) dengan kualitas keahlian yang andal serta memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan terkait pengelolaan, penilaian dan penggunaan informasi dan dokumen yang dikelolanya.

Visi Program Studi:

Menjadi Pusat Unggulan Pendidikan Vokasional Bidang Rekod dan ArsipDi Asia Tenggara.

Misi Program Studi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasional bidang rekod dan arsipdengan mengutamakan penguasaan keterampilan (praktik) berbasis pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) guna menghasilkan tenaga ahli madya yang berkompetensi dan siap kerja
  2. Meningkatkan kompetensi dosen melalui kegiatan workshop, seminar, konferensi, pelatihan dan penelitian serta melengkapinya dengan sertifikasi profesi
  3. Membangun kerjasama dengan instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta baik nasional maupun internasional, dan masyarakat dalam bidang rekod dan arsip.
  4. Menyelenggarakan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi di bidang rekod dan arsip yang relevan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Tujuan

Tujuan pendidikan untuk menghasilkan Ahli Madya Manajemen Informasi dan Dokumen yang terampil melaksanakan kegiatan Kearsipan dan dokumentasi secara efektif berdasarkan etika profesi.

Kompetensi Lulusan

Lulusan dari program studi ini diharapkan memiliki kompetensi:

1. Terampil dalam pekerjaan pengadaan/ pengumpulan, pengorganisasian, penyimpanan, pengamanan, serta penilaian dan pemusnahan rekod.

2. Terampil dalam pekerjaan pelayanan yang berorientasi kepada pengguna; termasuk kegiatan penyebaran informasi baik kepada perorangan maupun badan korporasi demi meningkatkan kinerja dan daya saing mereka.

3. Mampu bekerja sampai peringkat menengah dalam suatu unit kerja pengelolaan informasi seperti pusat informasi, unit-unit kearsipan,  pusat pencatatan (record), maupun depo arsip baik di instansi pemerintah maupun organisasi swasta.

Gelar kelulusan adalah Ahli Madya Manajemen Informasi dan Dokumen. Lulusan Program DIII MID sebagian besar langsung bekerja (kurang lebih tiga bulan setelah lulus) dan sebagian lagi melanjutkan ke jenjang Sarjana (S1) di berbagai Program Studi.

Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan matakuliah yang wajib diambil sebagai prasyarat kelulusan oleh mahasiswa tingkat akhir selama dua bulan. Program PKL tersebut dilaksanakan di berbagai institusi yang menyelenggarakan pengelolaan informasi dan dokumen seperti Pusat Arsip, Pusat Dokumentasi, Pusat Informasi dan sebagainya. Setelah magang, mahasiswa diwajibkan membuat laporan PKL dan mempresentasikannya di kelas.

Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, sikap dan kebiasaan-kebiasaan kerja yang memungkinkan lulusannya siap terjun di dunia kerja, program studi D-III MID menitikberatkan pada penguasaan ketrampilan (praktik) dari setiap mata kuliah dengan menetapkan komposisi dari setiap mata kuliah yakni 30% teori dan 70% praktik. Penguasaaan ketrampilan (praktik) disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan di dunia kerja dengan cara memberikan masalah-masalah mutakhir (problem base learning) untuk dipecahkan melalui pemanfaatan laboratorium dan fasilitas yang dimiliki program studi.

Bidang Pekerjaan Lulusan
Profesi dan career path lulusan Program Studi Manajemen Informasi dan Dokumen

  • Lembaga Kearsipan meliputi arsiparis, document controller, document management, conservator, dll.
  • Lembaga informasi meliputi information officer, knowledge management officer, information literacy specialist, dll.

Karir yang dapat pula dipilih dan dijalankan oleh lulusan Prodi Manajemen Informasi dan Dokumen adalah menjadi enterpreneur (pengusaha) atau konsultan dalam bidang bisnis informasi. Peluang ini masih  terbuka lebar dan sangat menjanjikan.

Mitra Industri

Kerjasama yang berkesinambungan selalu dilakukan terutama dengan lembaga inti perpustakaan dan kearsipan di Indonesia yaitu Perpustakaan Nasional dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Kerjasama ini dilakukan dalam bentuk visitasi lapangan, tenaga pendidik, dan kegiatan magang. Selain lembaga inti tersebut kerjasama magang juga selalu dilakukan ke lembaga- lembaga lain baik itu pemerintahan ataupun swasta seperti Bank Indonesia, Crown Record Management, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta dan Depok, Forum Komunikasi Kearsipan Perbankan (FKKP) serta beberapa instansi kementrian seperti Kearsipan dan Perpustakaan Kementrian Kehutanan Lingkungan Hidup, Kementrian Pertanian, Kementrian Keuangan, Kementrian Komunikasi dan Informasi, dan lain-lain

Sertifikasi Lulusan

Lulusan program studi ini akan memiliki beberapa sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Lembaga Bahasa Universitas Indonesia sebagai pendamping ijazah utama. Lulusan Program Studi Manajemen Informasi dan Dokumen diikutkan dalam ujian sertifikasi untuk bidang Kearsipan Dasar.