Depok – Bertempat di Auditorium Program Pendidikan Vokasi UI, Program Studi Pariwisata bersama Traveloka dan Bukit Vista memberikan Kuliah Umum kepada Mahasiswa Prodi Pariwisata mengenai kompetensi Sumber Daya Manusia khususnya dibidang Pariwisata di era gigital. Saat ini perubahan era digital sudah mampu mengubah kehidupan bisnis dan mengharuskan perusahaan untuk mengikuti perkembangan teknologi agar tetap sejalan. Hadir sebagai narasumber Kuliah Umum adalah Jing Cho Yang, CEO Bukit Vista dan Willy Sakareza, Product Manager for Payment Traveloka.

Budiman Mahmud Musthofa, Ketua Program Studi Pariwisata Vokasi UI mengatakan bahwa Kuliah Umum dari pada pelaku industri terus dilakukan untuk memberikan wawasan tentang trend industri pariwsata terkini kepada mahasiswa. “Kami hadirkan Bukit Vista, perusahaan yang bergerak dibidang hospitality di Bali. Bukit Vista telah mampu dalam bidang home sharing market place dengan poperti yang unik untuk traveler sehingga mahasiswa dapat berlajar best practice hospitality dari ahlinya. Selain itu, Budiman menjelaskan bahwa kehadiran Traveloka kali ini adalah untuk memotivasi mahasiswa untuk siap bersaing di dunia Pariwisata khususnya di era digital. “Traveloka merupakan perusahaan teknologi yang salah satu content  yang diberikan adalah layanan dalam industri pariwisata. Kami melihat Traveloka selalu mengedepankan kepuasan dan pengalaman kepada pelanggan, maka mahasiswa perlu mengetahui apa saja yang harus diperhatian serta skill yang harus dimiliki jika ingin diterima di dunia pariwisata digital ini.” tambah Budiman.

Jing Cho Yang, CEO Bukit Vista menyampaikan dalam materinya bahwa  industri hospitality saat ini sudah berkembang pesat sehingga perusahaan harus mampu berinovasi. Trend perjalanan wisata dalam kelompok kecil telah mampu memunculkan inovasi bagi jasa hospitality dan jasa travel. “Hal ini seperti visi Bukit Vista yaitu untuk menjadi perusahaan perhotelan paling inovatif di dunia dengan menghasilkan home, guesthouse, resort yang unik dan berlokasi di tempat-tempat tren. Kami memberikan nilai & pengalaman luar biasa kepada para tamu yang ingin melihat Indonesia yang sebenarnya”, tutur Jing. Jing juga mengungkapkan bahwa jika seseorang ingin bekerja dibidang perjalanan wisata yang harus dilakukan adalah mau untuk belajar yang bisa dimulai dari mempelajari budaya perusahaan seperti lingkungan kerja, visi dan misi perusahaan, nilai, etika, dan tujuan perusahaan.

Pada kesempatan yang sama, Willy Sakareza, Product Manager for Payment Traveloka menjelaskan bawa berbagai perubahan telah dilakukan traveloka, dari yang hanya menyediakan jasa tiket penerbangan kini mampu memberikan lebih dari 10 produk termasuk Transportasi, Akomodasi, Gaya Hidup, dan Layanan Keuangan.“Kesuksesan bagi kami dapat diraih bukan hanya dengan uang, tetapi dengan kepuasan customer”, ujar Willy Sakareza, Willy juga mengungkapkan bahwa seorang mahasiswa untuk menuju sukses adalah temukan kemampuan diri sendiri. “Find your passion (passion will keep you going when youre stressed and tired). Di era digital, mahasiswa harus mampu untuk menarik hati perusahaan, yang terpenting adalah “What can you do? Skill apa yang kamu miliki, bukan kemampuan akademik dan latar belakang akademik” tutup Willy.