Lembaga Vokasi UI

Lembaga Vokasi UI (LEMKASI) adalah lembaga pelatihan pendidikan Vokasi yang menghasilkan lulusan SIAP KERJA.

LEMKASI didirikan bersamaan dengen ulang tahun Program Vokasi Universitas Indonesia yang  ke-6 pada 19 Mei 2014. Pendirian LEMKASI mengacu pada Keputusan Rektor Universitas Indonesia nomor 1406/SK/UI/2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Lembaga di Lingkungan UI. LEMKASI berperan mejalin kerjasama antara Program Vokasi UI dengan pihak ketiga.

LEMKASI menjadi Unit Kerja Khusus Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat (UKKPPM) Fleksibilitas Terbatas berdasarkan SK Rektor UI no. 1145/SK/R/UI/2018 dengan maksud untuk melaksanakan pelayanan dan/atau pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan keahlian sesuai dengan bidang ilmu vokasional yang diselenggarakan oleh Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia.

LEMKASI dipimpin oleh Ketua Lembaga dan bertanggung jawab kepada Rektor UI dan diawasi oleh Direktur Program Pendidikan Vokasi. LEMKASI memiliki program andalan dibidang pelatihan , sertifikasi , Uji Kompetensi, Kajian Terapan serta Konsultasi Bisnis dan Humaniora.

LEMKASI memanfaatkan kepakaran civitas Akademika UI dalam pelaksanaan program. Hal ini sejalan dengan visi dari LEMKASI, yaitu:

Menjadi Unit Usaha Vokasional Terbaik dan Terpercaya

Adapun dalam mencapai visinya, LEMKASI memiliki misi antara lain:

1.Menjadi Pelaksana Unit Usaha Akademik yang berkontribusi pada pengembangan pendidikan Vokasi Universitas Indonesia

2.Memfasilitasi kegiatan pengembangan pendidikan Vokasi dalam bidang Pelatihan, Sertifikasi, Kajian Terapan dan Konsultasi Bisnis dan Humaniora

3.Memberikan pelayanan terbaik dan menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga nasional dan internasional

Dalam mencapai  visinya LEMKASI memiliki empat kegiatan utama antara lain:

  1. Program Kajian Terapan
  2. Program Pelatihan
  3. Sertifikasi Profesi
  4. Konsultan Bisnis

 

 

 

Program Kajian Terapan

Salah satu program LEMKASI adalah memberikan pelayanan kajian terapan yang dibutuhkan untuk membantu mitra/pengelola badan usaha dalam mengidentifikasi masalah, membuat perencanaan dan membantu badan usaha dalam pemecahan masalah tersebut. Beberapa pengalaman yang telah dilakukan antara lain:

  • Kajian Makro Optimasi Ruang Kota Palangkaraya 2045
  • Studi Evaluasi Efisiensi Kinerja Boarding School dan SMA di Kota Palangkaraya
  • Penyusunan Sistem Informasi Pemetaan Pendidikan di Kota Palangkaraya

 

Program Pelatihan

Pelatihan merupakan salah satu program untuk membantu pelaku bisnis, jasa maupun pemerintah dalam memenuhi kebutuhan peningkatan kualitas SDM nya. Jasa Pelatihan ini mengacu pada kebutuhan pasar kerja, dengan pelatih yang memiliki kompetensi dan pengalaman sebagai praktisi profesional.

Pelatihan dapat diselenggarakan di kampus Program Vokasi UI maupun In House Training. Pelatihan maupun workshop yang diselenggarakan bertujuan untuk memperbaiki dan mengembangkan sikap, tingkah laku, dan pengetahuan seseorang sesuai dengan keinginan perusahaan/klien. Pelatihan diselenggarakan dengan sistematis dan mempelajari pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), kemampuan (ability) atau perilaku terhadap tujuan pribadi dan organisasi.

Untuk beberapa pelatihan, LEMKASI membuat program Sertifikasi Profesi yang bertujuan untuk memastikan apakah peserta pelatihan sudah memiliki kompetensi sesuai standar nasional.

Sertifikasi Profesi

Kerjasama Sertifikasi Profesi dilakukan dengan Asosiasi Profesi atau Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP P3) di masing-masing bidang. Kerjasama ini digalang untuk mendukung target Program Pendidikan Vokasi UI dalam mencetak lulusan bersertifikat kompetensi.

Tidak hanya itu, LEMKASI juga memprakarsai pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 UI untuk memfasilitasi para mahasiswa, karyawan dan lembaga yang bermitra dalam memperoleh sertifikasi profesi

Konsultan Bisnis

Konsultasi Bisnis LEMKASI UI terdiri dari beberapa tenaga ahli profesional yang menyediakan jada bimbingan, advise dan pengarah yang mempunyai bidang keahlian masing-masing guna membantu perusahaan dalam membenahi sistem manajemen mulai dari analisa bisnis, training, pengembangan sistem, implementasi sistem sampai membantu dalam menyusun strategi bisnis guna mempermudah perusahaan dalam mencapai visi dan misi yang ditetapkan.

 

X