Beranda Lembaga Vokasi UI

Lembaga Vokasi UI

PROGRAM KERJASAMA

Kegiatan kerjasama yang dilaksanakan oleh Program Vokasi Universitas Indonesia dengan pihak lain, dilaksanakan atas dasar kepentingan dan manfaat bersama. Program Vokasi telah melakukan kerjasama dengan asosiasi profesi, industri dan institusi pemerintah. Bentuk kerjasama yang tercantum dalam Nota Kesepakatan Bersama (NKB), mencakup :

1. Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan;

2. Penyelenggaraan Kegiatan Peningkatan dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia;

3. Penyelenggaraan Kegiatan Ilmiah, Seminar, Lokakarya, dan Pengabdian kepada Masyarakat;

4. Penyelenggaraan Pengkajian, dan Konsultasi; dan

5. Kegiatan lainnya yang disepakati bersama.

Selain Nota Kesepakatan Bersama (NKB), Program Vokasi Universitas Indonesia juga melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang mengatur secara rinci bentuk kerjasamanya.

LEMBAGA VOKASI UNIVERSITAS INDONESIA

Lembaga ini didirikan bersamaan dengan ulang tahun Program Vokasi Universitas Indonesia yang ke 6 yaitu pada tanggal 19 Mei 2014. Kegiatannya sebagai pelaksana kerjasama antara Program Vokasi Universitas Indonesia dengan pihak lain. Program ini dibawah pimpinan Ketua Lembaga dengan fokus utama adalah kerjasama dengan profit oriented.  Program-program dan lingkup mitra kerja LVUI diantaranya :

1. Pemerintah

2. Antar Perguruan Tinggi

3. Industri : Perbankan, Asuransi, Perpajakan, Perumahsakitan, Pariwisata, dll

Program kerjasama dengan lembaga pemerintahan maupun pelaku bisnis industri dan jasa bertujuan untuk memenuhi kebutuhannya khususnya di bidang konsultasi dan pelatihan. Selain itu juga dilakukan kerjasama dengan Asosiasi profesi yang bertujuan untuk menjalin kerjasama di bidang Sertifikasi Profesi. Kebutuhan akan sertifikasi profesi masih sangat tinggi, mengingat masih banyak profesi yang memerlukan sertifikasi seperti bidang Administrasi,  Kesehatan, Pariwisata dan sebagainya. Kelembagaan sertifikasi yang dibentuk akan mengarah pada pendirian Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang didukung para assesor yang profesional dan kompeten di bidangnya.TUK dirancang sesuai dengan kondisi nyata di dunia industri. Materi uji kompetensi mengikuti standar Asosiasi Profesi.

Melalui kerjasama dengan Asosiasi Profesi, Lembaga Vokasi UI menyediakan jasa pelatihan bagi industri, institusi pemerintah, kalangan umum dan lain-lain. Jenis pelatihan mengacu kepada kebutuhan pasar kerja, dengan pelatih yang memiliki kompetensi dan pengalaman sebagai praktisi profesional. Pelatihan dapat diselenggarakan di kampus Program Vokasi UI maupun berupa in house training. Jenis-jenis pelatihan yang ditawarkan mengacu kepada 11 program studi di Program Vokasi Universitas Indonesia. Pelatihan dan Workshop, berupa aktifitas transfer ilmu pengetahuan, keahlian, maupun sikap kerja untuk mempersiapkan tenaga kerja berkarya optimal sesuai dengan kompetensinya.

Sertifikasi Profesi diterbitkan setelah mahasiswa, karyawan dan masyarakat umum mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan LVUI dan Asosiasi Profesi.  Dengan memiliki sertifikat profesi, seseorang mendapatkan added value berupa pengakuan kompetensi dari asosiasi profesi dan industri.

 

No Program Studi LSP/LSK/ASOSIASI SERTIFIKASI GELAR
1 Administrasi Perkantoran dan Sekretari LSP APSI Administrasi Pekantoran dan Sekretari n/a
2 Administrasi Asuransi dan Aktuaria AAMAI Certified Life Insurance
Certified General Insurance
Gelar untuk level ahli (untuk level dasar tidak ada)
AAAIK: Ajun Ahli Asuransi Indonesia Kerugian
AAAIJ: Ajun Ahli Asuransi Indonesia Jiwa
AAIK: Ahli Asuransi Indonesia Kerugian
AAIJ: Ahli Asuransi Indonesia Jiwa
4 Administrasi Perpajakan LSK Perpajakan pph21 CTC: Certified of Tax Competency
5 Akuntansi IAPI/CPA Certified Public Accountant Exam CPA: Certified Public Accountant
7 Akuntansi Accurate Accurate Accounting Software Level Basic:
CADE: Certified Accurate Data Entry
Level Advance:
CAP: Certified Accurate Profesional
8 Akuntansi ACCA ACCA Exam Dipl.AB: Diploma Accounting and Business
Dipl.CAT: Diploma Certified Accounting Technician
9 Komunikasi LSPPRI Public Relation Untuk level Madya, Expert, dan Manajerial
CPR: Certified Public Relation
10 Pariwisata LSP MICE Liaison Officer Certified Event Liaison Officer Specialist

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

X