Ir. Asti Setiawati

    287

    asti-setiawati_2x3Ir. Asti Setiawati memulai karir pertamanya di Industri Keuangan dan Perbankan di Lippo Group khususnya di bidang Keuangan dan Perbankan yaitu di Lippobank melalui jalur Officer Development Program pada tahun 1983. menjadi Wakil Pimpinan Operasional di Cabang Panglima Polim sampai dengan tahun 1989, kemudian bergabung ke Regional Office South di Wilayah Selatan sebagai Head of Operational di Cabang Melawai pada tahun 1995 dan sebagai Regional Processing Unit Manager pada tahun 1998 untuk membawahi bidang Operasional di 13 Cabang di bawah koordinasi Regional Office South. Pada tahun 1999-2003 kembali diminta untuk menjadi Kepala Departemen Reporting and Analisys Regional Office South dan kembali menangani Operational Branch pada tahun 2005 di cabang Melawai dan pada tahun 2006 di Cabang Plaza BII Thamrin. Pada saat masih aktif di Lippobank dan Bapak Mochtar Riady menjadi Wali Amanat di Universitas Indonesia, saat itu Lippobank sudah menjalin kerjasama dengan Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) sejak tahun 1997 dan kerjasama tersebut tetap dilanjutkan dengan mergernya Lippobank dan Bank Niaga yang kemudian menjadi CIMB Niaga pada tahun 2008 dan saat itu Asti Setiawati diminta untuk aktif menjadi Dosen Tamu mulai tahun 2002 di Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan FISIP.

    Asti Setiawati yang lahir pada tahun 1959 dan lulus pada tahun 1982 dari Institut Pertanian Bogor telah mengikuti pendidikan tertinggi di keuangan perbankan yaitu SESPIBANK pada tahun 1994 di Institut Bankir Indonesia. Memulai karir sebagai dosen tamu dan sebagai praktisi perbankan mempunyai keinginan kuat untuk membagikan sedikit pengalaman pengetahuan praktisinya untuk diaplikasikan di mata kuliah yang ada kaitannya dengan Program Studi Keuangan dan Perbankan. Beberapa mata kuliah yang terkait diantaranya Praktik dan Simulasi Bank, Prosedur Operasional Bank, Sistem Perbankan Indonesia, Administrasi Pengelolaan Dana Bank dan Customer Banking and Treasure Banking.

    Selain ikut berpartisipasi pengabdian di masyarakat secara langsung di bidang perkoperasian yaitu menjadi salah satu pengurus Lembaga Keuangan Syariah, ternyata dunia pendidikan menjadi salah satu bentuk pengabdian untuk menggabung antara pengalaman di lapangan dengan teori-teori keilmuan di bidang keuangan dan perbankan. Yang terbersit pertama kali saat bergabung dengan mata kuliah Praktik dan Simulasi Bank adalah bagaimana mahasiswa dapat belajar dengan kondisi riil yang sesungguhnya seperti layaknya berada di Bank. Saat itu mata kuliah Praktik dan Simulasi Bank masih manual sangat memungkinkan untuk dibuat menajdi riil on line dengan Banknya sesuai aplikasi yang ada di Bank saat itu yang akhirnya menghasilkan sebuah Laboratorium MiniBanking sebagai sarana pembelajaran mata kuliah Praktik dan Simulasi Bank.

    Asti kemudian pada tahun 2011 ikut bergabung dengan Program Vokasi Universitas Indonesia sebagai Dosen Tetap, tentunya selain telah mengikuti berbagai seminar maupun workshop selama menjadi praktisi harus tetap mengasah dan meningkatkan keilmuan dan wawasan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan keilmuan dan dunia industri kerja saat ini. Selain telah mengikuti pelatihan Learning Experience, Pekerti dan Ancaman Aplikasi yang telah diselenggarakan Universitas Indonesia. Sebagai Dosen Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan terus meningkatkan kemampuannya dengan mengikuti program-program pelatihan yang menunjang kemajuan Dosen maupun Program Studinya kedepan yaitu dengan mengikuti Program Sertifikasi Manajemen Resiko (BSMR) yang diwajibkan oleh BAnk Indonesia bahwa seluruh Bankir wajib mengikuti Sertifikasi tersebut. Saat ini dengan Sertifikasi BSMR Level 1 dan 2, tercatat sebagai Anggota Profesi di BSMR. Membina kerjasama dengan Industri maupun Asosiasi untuk menjawab tantangan kedepan yaitu dilakukan dengan juga telah dilakukan yaitu dengan mengikuti Train for Trainers di bidang General Banking Level 1 yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Perbankan (LSPP) dan Ikatan Bankir Indonesia (IBI). Tentunya harus ditingkatkan pula kemampuan lain dalam dunia pendidikan adalah menulis secara ilmiah dan professional mudah-mudahan di usia yang tidak muda lagi masih bisa memberikan kontribusi sesuai kemampuan yang ada.

    Publikasi:

    • 2012 Building Task Into Jobs Berdasarkan Specialized Task, Jurnal Administrasi Terapan Volume X/No.1/Juni/2012 ISSN 1907-7823
    BAGIKAN