Hubungan Masyarakat

Deskripsi Program Studi

Program studi Hubungan Masyarakat merupakan program studi bertujuan menghasilkan “Ahli Madya Hubungan Masyarakat yang mampu menyusun perencanaan, memproduksi, melaksanakan dan melakukan evaluasi program hubungan masyarakat sesuai dengan kebutuhan industri, hukum dan etika profesi, serta mampu mengadopsi dan mengadaptasi teknologi digital dalam bidang hubungan masyarakat sehingga mampu bersaing di pasar ASEAN”.

Visi

Mewujudkan Program Studi Humas terbaik di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan industri dan mampu bersaing dengan program diploma lainnya di ASEAN secara profesional.

Misi

  1. Memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan masyarakat melalui proses pembentukan karakter lulusan yang memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi.
  2. Menawarkan mata kuliah yang inovatif dan mampu bersaing dengan program diploma lainnya di ASEAN dengan silabus terbaru yang memadukan teori dan praktek yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja.
  3. Menyediakan staf pengajar terbaik dan berkualitas sesuai dengan bidang yang diajarkan.
  4. Mengembangkan kurikulum, silabus, dan bahan ajar sesuai kebutuhan dunia kerja dan standar internasional.

Kompetensi Lulusan

  1. Mampu melaksanakan nilai-nilai agama dan wawasan kebangsaan (KU, C3);
  2. Mampu mengaplikasikan komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (KU – C3);
  3. Mampu mengaplikasikan kode etik profesi yang mengatur sikap, tanggung jawab, dan peran profesional Humas. (KK, S, C3);
  4. Mampu memahami dasar ilmu komunikasi dan humas (P – C2);
  5. Mampu melaksanakan komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan (KK, S, – C3);
  6. Mampu melaksanakan koordinasi dan kerjasama lintas fungsi dalam perusahaan/organisasi(KU, S, – C3);
  7. Mampu mengaplikasikan teknik penulisan humas untuk berbagai platform humas baik konvensional maupun digital (KK – C3);
  8. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi digital terkini (KU- C3);
  9. Mampu melaksanakan produksi konten visual dan audio visual humas (KK, PS, C3);
  10. Mampu mengaplikasikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program kehumasan (KK- C3);
  11. Mampu menyusun perencanaan dan melaksanakan usaha dengan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan (KK – C3).

Berikut merupakan prospek kerja di prodi Hubungan Masyarakat.

  1. Humas Korporat;
  2. Humas Pemerintah;
  3. Konsultan di bidang Hubungan Masyarakat;
  4. Corporate Social Responsibility;
  5. Social Media Management;
  6. Media Analis;
  7. Marketing Communication;
  8. Praktisi dalam Kampanye Sosial (Social Campaign Specialist);
  9. Humas untuk Industri Kreatif;
  10. Humas dalam kampanye politik;
  11. Event Specialist;
  12. Media Relations Specialist;
  13. Digital Public Relations Specialist;
  14. Content Specialist;
  15. Publicist.

Dosen Profesional

  • Abdi Hamdani (GM PT. Motasa Indonesia);
  • Dr. Firsan Nova (CEO Nexus Risk Mitigation & Strategic Communication);
  • Melisa Sandrianti (Corporate Secretary PT Merck TBK);
  • Wida Septarina (Founder & CEO Lotus Marketing & Public Relations dan Food Bank of Indonesia);
  • Dr. Wiendy Hapsari (Kepala Divisi Litbang MNC Portal Indonesia).

Sertifikasi

  • Public Relations Officer (mandatory) dari LSP UI;
  • TOEIC (mandatory);
  • Digital Public Relations dari Markplus (optional).

Kegiatan Program Studi

WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!