Depok – Program Studi Administrasi Perpajakan, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) bekerjasama dengan Indonesian Young Tax Community (IYTC), CITA, MUC Consulting, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat 3, FIFGROUP dan BHIMA Consulting kembali menyelenggarakan Tax Competition-Universitas Indonesia (TCUI) di Auditorium Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia pada 31 Oktober – 2 November 2019. Tax Competition merupakan sebuah kompetisi nasional yang diikuti mahasiswa D1 sampai dengan Sarjana dibidang Perpajakan. Sebanyak 34 tim dari 16 Universitas di Indonesia mengikuti kompetisi TCUI 2019 ini.. Melalui tema “Build the Future Through Taxaction”, kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi mahasiswa dalam perpajakan dan mewujudkan generasi muda yang sadar akan pentingnya pajak dalam perekonomian Indonesia.

Arie Widodo.MSM, Ketua Program Studi Administrasi Perpajakan Vokasi UI menjelaskan bahwa kegiatan TCUI adalah kegiatan tahunan prodi. Pada TCUI 2019 ini, kegiatan dilaksanakan dalam tiga hari dimana hari pertama adalah Seminar sedangkan kompetisi dilaksanakan pada hri kedua dan ketiga. “Ini adalah kali ketiga TCUI digelar dan antusiasme  rekan-rekan mahasiswa semakin tinggi. Antusiasme terlihat dari kesediaan peserta dari berbagai daerah berkumpul disini dan berkompetisi” ujar Dodo.

Seminar hari pertama menghadirkan Yustinus Prastowo dari Center for Indonesia Tax Analysis serta Bapak Saefudin dari Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat 3 sebagai narasumber. “Tema yang diangkat dalam seminar adalah Peranan PP 45 Tahun 2019 dalam pengembangan IPTEK & Kualitas SDM di Indonesia” tutur Dodo. Dodo kembali menjelaskan bahwa lomba terdiri atas beberapa babak yaitu :
Babak Penyisihan dan Babak Perdelapan Final
Hari Kedua (Jumat, 1 November 2019)
• Babak Penyisihan, nilai akumulasi dari Pilihan Ganda, Benar/Salah dan Sebab Akibat, Estafet Pajak.
• Babak Perdelapan Final, nilai akumulasi dari Stacko, dan Papan Pajak.

Babak Perempat Final, Babak Semifinal, dan Babak Final
Hari ketiga (Sabtu, 2 November 2019)
• Babak Perempat Final, nilai dari permainan Amazing Tax.
• Babak Semifinal, nilai dari Presentasi Essay.
• Babak Final, nilai akumulasi dari TTS, Kuis dan Sudden Death.

Peserta kompetisi berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti Politeknik Keuangan Negara STAN, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Bandung, Universitas Tarumanegara, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia, Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Universitas Trisakti, Universitas Mercu Buana, Institut Stiami, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Universitas Jenderal Ahmad Yani, Universitas Budhi Darma dan Universitas Warmadewa. Juara umum diraih oleh PKN STAN dimana ketiga tim nya meraih Juara 1, 2, dan 3. Adapun juara harapan 1 dan 2 diraih oleh Universitas Brawijaya (tim 1 dan 3) sedangkan Juara Harapan 3 diaraih oleh Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (Tim 1). “Untuk mahasiswa Vokasi UI sendiri tidak ikut lomba karena bertindak sebagai panitia penyelenggara” tutup Dodo.