Dra. Amelita Lusia, M.Si.

    409

    Dra. Amelita Lusia, M.Si. merupakan pengajar pada bidang peminatan Hubungan Masyarakat, Program Vokasi Komunikasi. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana dari Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia (1991), dan Pascasarjana dari Kajian Wilayah Amerika, Universitas Indonesia (2004).

    Sebelum kembali ke almamater, Amelita berkarier di jalur kewartawanan dan kehumasan. Karier jurnalistik di jalaninya sedari mahasiswa sebagai penulis lepas (1988-1989). Tulisannya pernah dimuat di Kompas, Majalah Dewi, The Jakarta Post, dan Majalah Matra. Di saat yang sama, ia tercatat sebagai pemimpin umum Inspirasi, majalah mahasiswa Katolik se-Keuskupan Agung Jakarta.

    Pada 1989-1993, Amelita bekerja di majalah Matra (Group Tempo) dan menjadi penulis pariwara Tempo. Ia sempat vacuum bekerja dan mengambil short course bahasa Inggris di University of Wisconsin-Stout, Wisconsin, As (1994-1995). Sekembalinya dari AS, ia bekerja di bagian humas Deliad. Setelah itu (1996), Amelita bekerja di PT. Matra Multi Media. Disini, selain menjadi penulis untuk berbagai majalah ing-griya (antara lain Pasaraya Sarinah, PT. Toyota Astra Motor), ia menjadi penulis naskah pariwara majalah Gatra. Amelita kembali bekerja untuk Matra sekitar 1998. Selain menulis, ia menjadi pengarah gaya di majalah tersebut.

    Amelita kemudian bergabung dengan Majalah Femina (2002). Pada 2–3, ia dipercaya menjadi penanggung jawab penyelenggaraan Wajah Femina, event tahunan majalah tersebut. Akhir 2004, Amelita bergabung dengan perusahaan humas Maverick dalam persiapan event One Year Commemoration Aceh-Nias Tsunami Disaster di Nanggroe Aceh Darussalam.

    Setahun kemudian, bukunya berjudul Rahasia Menaklukan Panggung Talk Show diterbitkan oleh Gagasmedia. Ia juga menerjemahkan buku (diterbitkan oleh Transmedia) dan menjadi editor buku.

    Saat ini, Amelita tercatat sebagai anggota Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Internasional Public Relations Association (IPRA), dan Perhumas, serta menjabat sebagai Ketua Program Studi Komunikasi Program Vokasi UI.

    BAGIKAN