Devie Rahmawati, S.Sos., M.Hum.

    600

    devie2-1Devie Rahmawati, S.Sos., M.Hum. Dosen Tetap Program komunikasi Vokasi UI ini adalah seorang praktisi komunikasi dalam bidang Public Relations (PR) yang telah meniti karir profesional selama 14 tahun (tahun 2000 – sekarang) dengan menjadi seorang jurnalis; konsultan PR; PR di korporasi dan NGO nasional dan global; event manager tamu-tamu internasional; pendiri portal nasional dan lembaga riset.

    Devie adalah lulusan SMA Negeri 8 Jakarta pada tahun 2000 yang lulus masuk FISIP UI tanpa melalui tes tertulis (PPKB). Ditahun yang sama mengawali masa perkuliahan, Devie memulai karirnya di bidang komunikasi sebagaireporter dan copy writer di PT. Dyviacom Intrabumi, Tbk. Pada tahun 2002, Devie kemudian beralih menjadi client relations executive di Kubik Learning Adventure sekaligus Junior Trainer di Remaja Hebat Foundation.

    Pada tahun 2004, Devie berkantor di Gedung KPU Pusat, menjadi PR Officer dalam program UNDP-Pemilu 2004. Selepas itu, Devie memasuki dunia konsultan public relations dengan menjadi Junior PR Consultant di Ida Sudoyo &Associates. Di saat yang sama Devie dipercaya menjadi Ketua Pania Reuni Akbar 40 tahun Departemen Komunikasi FISIP UI.

    Devie kemudian dipercaya menjadi Corporate Communications PT. Artajasa Pembayaran Elektronis. Devie juga aktif sebagai Wakil Sekjen III Kepengurusan Pusat Persatuan Olahraga Dayung (PODSI) seluruh Indonesia. Devie kemudian mulai membangun karir di Universitas dengan menjabat sebagai Kepala Humas di FISIP UI, dan setelah itu menjadi Deputi Direktur Kantor Komunikasi (Humas UI) hingga tahun 2009. Devie juga merupakan salah satu pendiri Yayasan Bakti Iluni dan Abdurrahman Wahid Center (AW Center UI).

    Pada tahun 2010, Devie berpindah divisi menjadi Kepala Kantor Sekretariat Pimpinan UI (Chief of Staff), yang membuat Devie dipercaya menjadi Project Manager kedatangan para tamu VIP di UI seperti kedatangan Presden Amerika, Barrack Obama; Presiden Jerman Christian Wulff; PM Perancis, Francois Fillon, Presiden Turki, Abdullah Gul; Sultan Brunei, dan lain-lain.

    Tidak hanya karir professional, Devie yang semenjak SMA aktif secara sosial dengan menjadi guru membaca anak-anak di pinggir kali kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan juga aktif dalam bidang lingkungan bersama Yayasan Sedaun menanam lebih dari 10 ribu pohon di pulau Jawa.

    Mulai tahun 2011, Devie aktif sebagai pengamat Sosial-Budaya dan sering menjadi narasumber di berbagai media elektronik (TV, Radio, Online) dan cetak nasional. Devie juga pernah menjadi Chief Operation Officer (COO) di Radio A, 96.7 FM Jakarta sekaligus pendiri Prapancha Research dan website berita Selasar.Com.

    Publikasi:

    • 2010 Collected Speeches Volume 1 & 2 oleh Gumilar R. Soemantri (Editor)
    • 2011 Buku Trilogi Kehumasan: 69 Panduan Humanis Menghadapi Wartawan, Peneliti dan Penulis dari Riset terhadap 423 Wartawan
    • 2012 Mewujudkan Mimpi, Membangun Peradaban Berpijak pada Akhir Keindonesiaan oleh Gumilar R. Soemantri (Editor)
    • 2013 Bujuk Rayu Konsumerisme (Editor)
    • 2014 Capres RI 2014 dengan Citra Terbaik dan Terburuk: Analisis Pembentukan Citra Politisi diantara Publik Luas melalui Jejaring Sosial Twitter (Prosiding)
    • 2014 Studi Awal Perumusan Indikator Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran 12 Destinasi Wisata di Jakarta Utara, Jurnal Vokasi Indonesia, ISSN 2355-5807
    • 2015 Peluang dan Tantangan Penyiapan TKI dalam Menghadapi Komunitas ASEAN, Jurnal Kajian Lemhanas RI
    • 2015 Signifikansi Kewirausahaan Bagi Penguatan Merek di Era Ekonomi Digital (Prosiding)
    BAGIKAN