Dede Suryanto, S.Sos., M.Si.

    337

    Dede SuryantoDede Suryanto, S.Sos., M.Si.lahir di MAjalengka 22 Oktober 1973. Ia memiliki ketertarikan yang tinggi pada bidang keuangan dan dunia pendidikan. Oleh kareana itu, pengabdian karirnya dicurahkan pada bidang keuangan di Universitas Indonesia, baik dalam bidang akademik maupun non akademik/administrasi. Dalam bidang akademik, ia mengabdi sebagai staf pengajar tetap pada Program Studi Administrasi Keuangan dan PErbankan Program Vokasi UI dan staf pengajar untuk mata kuliah peminatan keuangan pada Program Sarjana Ilmu Administasi FISIP UI. Sementara itu dalam bidang non akademik/administrasi, pria yang menamatkan pendidikan magisternya pada Program Studi Ilmu Manajemen Keuangan FE UI tahun 2004 ini mengabdi sebagai pejabat struktural universitas dengan jabatan Kepala Sub Direktorat Anggaran di Pusat Administrasi Universitas Indonesia (PAUI) sejak tahun 2007 hingga sekarang.

    Sejak mengabdi pada Universitas Indonesia, Dede aktif melakukan inovasi dan pengembangan di bidang tata kelola organisasi dan keuangan di lingkungan Universitas Indonesia, antara lain membangun dan mengimplementasikan sistem anggaran universitas, sistem manajemen pengadaan, sistem perencanaan dan evaluasi kinerja, dan sistem prosedur operasional baku (POB) yang di fasilitasi teknologi informasi. Disamping itu, Dede juga aktif sebagai narasumber/pembicara dan fasilitator dalam berbagai pelatihan /workshop tentang perencanaan program kerja, penyusunan anggaran, perencanaan keuangan, penyusunan POB dan pelatihan manajemen teknis lainnya. Selama duduk sebagai pejabat struktural, ia juga aktif berkontribusi dalam komite anggaran UI, tim pelaksana integrasi keuangan, tim penyusun POB layanan universitas, tim penyusun Renstra UI dan berbagai tim kegiatan lainnya baik sebagai ketua ataupun anggota tim. Sementara itu, ketertarikan pengabdian lain yang dilakukan Dede di luar kampus antara lain memberikan pelatihan dan pendampingan perencanaan dan pengelolaan keuangan bagi para pelaku ekonomi sektor UMKM yang ada di wilayah Depok.

    Kecintaannya pada bidang keuangan, membuat peraih gelar Sarjana pada Ilmu Administrasi Niaga FISIP UI tahun 1998 ini merasa perlu untuk terus mengembangkan keilmuan yang diperolehnya di jenjang S1 dan S2. IA selalu ingin menimba pengalaman belajar untuk meningkatkan keilmuan dan keahlian yang menunjang kompetensi diri dan karirnya sebagai tenaga pengajar. Oleh karena itu, ia aktif mengikuti berbagai seminar dan pelatihan keuangan dan tata kelola organisasi yang diselenggarakan oleh berbagai institusi pelatihan dan lembaga sertifikasi dalam negeri, antara lain pelatihan Coporate Budgeting , anggaran berbasis kinerja (ABK), manajemen kinerja (BSC), manajemen mutu ISO 9001 ; 2008, bendaharawan pengeluaran pemerintah, ahli pengadaan nasional dan lain sebagainya. Saat ini, ia juga merupakan anggota dari Badan Sertifikasi Manajemen Risiko (BSMR) dan pemegang sertifikasi ahli pengadaan barang dan jasa.

    Publikasi:

    • 2015 Pemberdayaan Masyarakat melalui pendidikan Perencanan dan pengelolaan keuangan dan Investasi Bagi UMKM Dalam Rangka Pengembangan Usaha dan Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga, Jurnal Vokasi Indonesia Vol.3 Nomor 1 januari-Juni 2015
    BAGIKAN