Vokasi UI Berdayakan Perempuan Anggota Koperasi Produksi Syariah Bakti Nurul Huda, Depok

//Vokasi UI Berdayakan Perempuan Anggota Koperasi Produksi Syariah Bakti Nurul Huda, Depok

Vokasi UI Berdayakan Perempuan Anggota Koperasi Produksi Syariah Bakti Nurul Huda, Depok

2018-12-06T17:02:36+00:001 minggu yang lalu|

Depok –salah satu  bentuk pengalaman Tridharma Perguruan Tinggi, Program Pendidikan Vokasi UI melalui Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan  menggelar pelatihan Pemberdayaan Perempuan Koperasi Produksi Syariah Bakti Nurul Huda, Depok. Para ibu dilatih untuk mampu mengoperasikan mesin pembuat kripik buah-buahan,  menghasilkan kripik buah-buahan (menggunakan buah pisang) dan mengemas produk dengan menarik. Peserta juta belajar menghitung harga pokok serta tata cara mengurus izin ke BPOM RI.

 

Ketua Koperasi Produksi Syariah, Bapak Sumaji mengatkan bahwa koperasi ini memproduksi bahan makanan dan produk lain dari awal hingga penjualan. “Jadi koperasi ini fokusnya bukan simpan pinjam tapi produksi” uajr Bapak Sumaji.

Sebagai peserta, Ibu Yayah Badriah, tokoh masyarakat yang juga anggota koperasi mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat karena membuat ibu-ibu jadi paham proses dari mulai merencanakan produksi hingga perizinan dan penjualan.

 

“Kami berharap program ini dapat membantu  memberikan dorongan dan meningkatkan kualitas hidup terutama dalam  pemberdayaan masyarakat khususnya kaum perempuan. Ya.. perempuan harus berdaya dan sigap melihat peluang disekitarnya” ujar Vindaniar Yuristamanda Putri, Kepala Laboratorium Adm. Keuangan dan Perbankan Vokasi UI

 

“Universitas Indonesia dituntut untuk selalu berada di posisi terdepan dalam membangun bangsa dan negara, khususnya berperan dalam memajukan kesejahteraan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah tertinggal. Program ini melibatkan dosen dan mahasiswa sebagai pengabdi yang memiliki dedikasi dan kepedulian tinggi terhadap kemajuan bangsa. Khususnya dalam meningkatkan kualitas ekonomi melalui pemberdayaan perempuan di masyarakat” tutup Vinda.

 

Program Pendidikan Vokasi merupakan pendidikan yang mencetak lulusan profesional dan ahli dibidang tertentu. Program Pendidikan Vokasi UI memiliki 11 program studi yaitu : Administrasi Keuangan dan Perbankan, Adm. Perpajakan, Adm. Asuransi dan Aktuaria, Adm. Perkantoran dan Sekretari, Komunikasi, Manajemen Informasi dan Dokumen, Pariwisata, Akuntansi, Fisioterapi, Okupasi Terapi dan Perumahsakitan

X