Akreditasi Program Studi Akuntansi Program Pendidikan Vokasi UI

//Akreditasi Program Studi Akuntansi Program Pendidikan Vokasi UI

Akreditasi Program Studi Akuntansi Program Pendidikan Vokasi UI

2018-12-15T12:41:54+00:001 bulan yang lalu|

DEPOK – Sebagai satu satunya badan akreditasi yang diakui oleh pemerintah pada saat itu, BAN-PT memiliki wewenang untuk melaksanakan sistem akreditasi pada semua institusi pendidikan tinggi meliputi perguruan tinggi negeri (PTN), perguruan tinggi swasta (PTS), perguruan tinggi agama (PTA), perguruan tinggi kedinasan (PTK), program pendidikan jarak jauh, dan program-program kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi di dalam negeri yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi dari luar negeri. Pada awalnya, akreditasi hanya dilakukan terhadap program studi dengan pertimbangan bahwa program studi lebih menentukan mutu hasil pendidikan. Namun demikian, pada kenyataannya mutu program studi dipengaruhi oleh keterkaitan antara program studi satu dengan yang lainnya dalam satu institusi, oleh karenanya akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) harus pula dilakukan. (Source: BAN-PT)

Program Pendidikan Vokasi UI melakukan akreditasi untuk Program Studi Akuntansi pada hari Kamis, 13 Agustus 2018 yang bertempat di Gedung Program Vokasi UI yang dimulai dari pukul 08.00 sampai selesai. Adapun tim Asesor yang melakukan akreditasi ini adalah Prof. Mahfud Sholihin, M.Acc., Ph.D. dan Dr. Etna Nur Afri Yuyetta, M.Si., Akt.

Guna mengetahui disparitas antar program studi maupun antar institusi sebagai dasar penetapan kebijakan pengembangan kualitas pendidikan, pemerintah menetapkan sistem akreditasi perguruan tinggi. Akreditasi merupakan kegiatan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan Program Studi dan perguruan tinggi atas dasar kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Akreditasi juga merupakan bentuk akuntabilitas publik yang dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif.

Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA. selaku Direktur Program Pendidikan Vokasi beserta jajarannya optimis mendapatkan hasil yang maksimal dan terbaik dari akreditasi untuk Program Studi Akuntansi yang dilakukan pada tahun ini.

X