Siapkan Daya Saing SDM, Vokasi UI Latih Soft Skill Warga Rutan Cipinang

//Siapkan Daya Saing SDM, Vokasi UI Latih Soft Skill Warga Rutan Cipinang

Siapkan Daya Saing SDM, Vokasi UI Latih Soft Skill Warga Rutan Cipinang

2018-10-11T15:12:51+00:006 hari yang lalu|

JAKARTA – Sebagai wujud pengamalan Tridharma perguruan tinggi dalam pengabdian masyarakat, dosen Vokasi UI menggelar pelatihan soft skill bagi warga binaan rumah tahanan (RUTAN) kelas 1 Cipinang pada tanggal 9 Oktober 2018. Pelatihan ini mengangkat tema  Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Melalui Pendekatan Pelatihan Soft Skill Warga Binaan Rumah Tahanan Negara Klas I Cipinang”. Sebanyak 50 orang warga binaan di Rumah Tahanan Klas I Cipinang yang segera akan menyelesaikan masa tahanan hadir untuk memperoleh pembekalan ini. Selain itu, sebanyak 20 petugas lembaga pemasyarakatan tersebut juga turut diberi pelatihan agar dapat membantu para warga binaan RUTAN bersiap diri menyongsong akhir masa tahanan.

Pelatihan ini memiliki tujuan memberikan pembekalan atau pelatihan guna menyiapkan daya saing kompetitif sehingga dapat memberikan kepercayaan diri bagi mantan narapidana yang segera akan menyelesaikan masa tahanannya” ujar Istiadi, S.E., MM., M.Si.Ketua Program Studi Administrasi Perkantoran dan Sekretari  Program Pendidikan Vokasi UI selaku ketua pengabdi.

Istiadi menjelaskan Pelaksanaan pembinaan pada warga binaan dalam upaya mengembalikan mereka menjadi masyarakat yang baik sangatlah penting dilakukan, tidak hanya bersifat material atau spiritual saja, melainkan keduanya harus berjalan dengan seimbang, ini merupakan hal-hal pokok yang menunjang warga binaan agar lebih mudah dalam menjalani kehidupannya setelah selesai menjalani masa tahanan. Bimbingan Lembaga Pemasyarakatan diharapkan mampu membentuk kepribadian serta mental narapidana yang dianggap tidak baik dimata masyarakat berubah normal dan sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku.

“Di dalam pelaksanaan pembinaan ini diperlukan kerjasama dari komponen-komponen yang menunjang keberhasilan proses pembinaan narapidana, yaitu petugas Lembaga Pemasyarakatan, narapidana, dan masyarakat, itu mengapa kami juga melibatkan para petugas rutan” ujar Mila Viendyasari, S.Sos., M.Si, dosen Vokasi UI

Mila menjelaskan bahwa cakupan pelatihan adalah : 1)Motivasi Diri 2)Dasar – dasar kewirausahaan 3) Kreatifitas dan Inovasi oleh 4)Mempersiapkan diri memasuki dunia kerja, peserta dibimbing untuk mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja, membuat surat lamaran kerja dan membuat resume yang baik, Program Pengabdian Masyarakat dalam bentuk pemberian pelatihan Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Melalui Pendekatan Pelatihan Soft Skill Warga Binaan Rumah Tahanan Negara Klas I Cipinang didukung oleh Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia, Lembaga Pemasyarakatan dan Lentera Hati.

X