Mahasiswa Prodi MID 2018 Kunjungan Industri ke Arsip Nasional RI

//Mahasiswa Prodi MID 2018 Kunjungan Industri ke Arsip Nasional RI

Mahasiswa Prodi MID 2018 Kunjungan Industri ke Arsip Nasional RI

2018-10-10T13:16:07+00:007 hari yang lalu|

JAKARTA –  Belajar di Program Pendidikan Vokasi selalu terkait dengan pekerjaan di bidang yang ditekuninya. Sejak semester satu pun mahasiswa harus mengenal dekat dengan industri yang melingkupi bidang studi yang mereka pilih. Seperti mahasiswa program studi Manajemen Informasi dan Dokumen Program Pendidikan Vokasi UI angkatan 2018 yang saat ini mulai mengenyam bangku kuliah. Pada mata kuliah Pengantar Ilmu Kearsipan, mahasiswa langsung diajak terjun ke dunia kearsipan dengan mengunjungi Arsip Nasional Republik Indonesia.

“Mahasiswa diberikan gambaran secara utuh tentang pengelolaan arsip mulai dari penciptaan hingga pemusnahan arsip secara langsung,” kata Ratih Surtikanti, dosen mata kuliah pengantar ilmu kearsipan program studi MID Program Pendidikan Vokasi UI. Pada saat acara kunjungan, mahasiswa didampingi oleh dosen serta diterima oleh Sulistiowati, kepala sub direktorat bidang 3 Pembina Arsip Perguruan Tinggi. “Kami menyambut baik kunjungan industri ini karena mahasiswa MID sejak awal masuk sudah dikenalkan dengan seluk beluk dunia kearsipan sehingga mereka akan mudah mengikuti perkuliahan selanjutnya,” katanya saat menyambut mahasiswa prodi MID angkatan 2018 di ruangan Noerhadi Magetsari ANRI Jalan Ampera Raya Jakarta Selatan pada tanggal 8 Oktober 2018.

Konsep daur hidup arsip mulai dari penciptaan, penggunaan, penyimpanan, retensi, hingga pemusnahan arsip atau menjadi arsip statis atau khasanah yang memiliki nilai sejarah dan informasi dapat dilihat langsung di ANRI. Selain itu, profil ANRI sebagai lembaga pembina tertinggi pengelolaan kearsipan sangat penting dipelajari oleh mahasiswa prodi MID karena akan berpengaruh pada praktik pengelolaan kearsipan di kementerian, lembaga, BUMN, hingga ke pemerintah daerah. Pada acara kunjungan ini, mahasiswa juga diajak melakukan tur ke kegiatan pengelolaan arsip, , preservasi dan konservasi arsip, hingga melihat arsip kesejarahan dalam ruang pamer arsip statis.

X