Persiapan Kuliah Industri Mahasiswa MID di Simpul Jaringan Kearsipan ANRI

//Persiapan Kuliah Industri Mahasiswa MID di Simpul Jaringan Kearsipan ANRI

Persiapan Kuliah Industri Mahasiswa MID di Simpul Jaringan Kearsipan ANRI

2018-10-02T14:23:03+00:002 bulan yang lalu|

JAKARTA – Keterkaitan antara industri dengan Program Studi di lingkungan Program Pendidikan Vokasi UI semakin erat. Seperti yang dilakukan Program Studi Manajemen Informasi dan Dokumen (MID). Hari ini 38 mahasiswa MID dan dosen mengikuti workshop penyelenggaraan Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) Tahap II sebagai salah satu langkah persiapan kuliah industri mahasiswa MID di simpul jaringan kearsipan ANRI.

Sesuai amanat pasal 12 UU No.43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) bertugas membangun Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) untuk memberi informasi yang autentik dan utuh dalam mewujudkan arsip sebagai tulang punggung manajemen penyelenggara negara dan memori kolektif bangsa. Untuk melaksanakan penggunaan aplikasi teknologi informasi SIKN itu, ANRI membentuk Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN).  “Sebagai pusat jaringan nasional SIKN dan JIKN, ANRI perlu melakukan pembinaan kepada simpul jaringan maupun masyarakat umum. Salah satunya adalah kegiatan workshop kepada mahasiswa,” kata Desi Pratiwi, Kepala Pusat SIKN dan JIKN Arsip Nasional Republik Indonesia.


Workshop tahap II ini berlangsung di Hotel Park Regis, Kemang Jakarta Selatan pada tanggal 10 September 2018. “Kerjasama Program Studi MID Universitas Indonesia dengan ANRI sebagai salah satu lokus penyelenggaraan praktik SIKN memberi manfaat besar bagi mahasiswa saat belajar mata kuliah sistem informasi kearsipan. Mereka langsung dapat menerapkan ilmu yang mereka miliki tentang SIKN dan JIKN ke simpul-simpul jaringan kearsipan ANRI baik di instansi pemerintah, lembaga, maupun BUMN,” kata Dyah Safitri, ketua program studi Manajemen Informasi dan Dokumen Program Pendidikan Vokasi UI.

Sebagai lanjutan dari kegiatan workshop penyelenggaraan SIKN dan JIKN tahap pertama yang diselenggarakan pada pertengahan Mei lalu, tujuan yang hendak dicapai pada workshop ini adalah memberi pemahaman terkait tata cara pengoperasionalan aplikasi SIKN JIKN kepada mahasiswa sebelum melaksanakan praktikum Sistem Informasi Kearsipan. Di samping itu, workshop ini juga bertujuan untuk menjadi pembekalan bagi mahasiswa Prodi MID Program Pendidikan Vokasi UI semester lima yang akan terjun ke lapangan untuk melaksanakan kuliah industri di simpul-simpul jaringan kearsipan ANRI yang berada di wilayah Jabodetabek. Mahasiswa yang mengikuti workshop ini akan disebar ke simpul-simpul jaringan informasi ANRI untuk langsung menerapkan pengetahuan pengayaan khasanah arsip di masing-masing simpul jaringan tersebut.

Dengan cara itu, diharapkan SIKN dan JIKN dapat berjalan dengan optimal karena sejak awal pembinaan dan pemahaman telah dilakukan kepada mahasiswa yang akan menjadi garda depan dalam pelaksanaan SIKN dan JIKN. Harapannya, mereka dapat menularkan pengetahuan dan keterampilan dalam SIKN dan JIKN tersebut ke instansi yang menjadi mitra industri program studi MID program pendidikan vokasi UI.

X