Pengabdian Masyarakat Vokasi UI: Pemberdayaan Wanita Nelayan melalui Program Kewirausahaan di Sidoarjo

//Pengabdian Masyarakat Vokasi UI: Pemberdayaan Wanita Nelayan melalui Program Kewirausahaan di Sidoarjo

Pengabdian Masyarakat Vokasi UI: Pemberdayaan Wanita Nelayan melalui Program Kewirausahaan di Sidoarjo

2018-08-09T18:49:29+00:002 bulan yang lalu|

SIDOARJO – Penduduk terpencil di Kab Sidoarjo yang berada di dusun Kepetingan Desa Sawohan Kec Buduran, diajari ketrampilan kreatif oleh tim Pengabdian Masyarakat dari Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia yang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah Kab Sidoarjo.


Kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kab Sidoarjo tersebut, diantaranya membekali  para istri nelayan di daerah terpencil di wilayah Kab Sidoarjo itu, melatih membuat bros dari pita dan melukis pada jilbab. Harapannya kerajinan tangan tersebut dapat menjadi salah satu mata pencaharian baru yang produktif untuk meningkatkan taraf ekonomi di lingkungan tersebut.


“Kegiatan itu memang ditujukan untuk penduduk di wilayah pinggiran atau terpencil, telah dilaksanakan pada 19 sampai 20 Juli kemarin, ada 30 istri nelayan yang mengikutinya,” kata Kepala Bidang Kelautan Dinas Perikanan dan Kelautan Kab Sidoarjo, Ir Tarina Handaningrum, Jum at (20/7) kemarin.


Pelàtihan kata Tarina, diharapkan selain bisa memberi bekal ketrampilan para istri nelayan itu untuk kreatif, juga dengan punya ketrampilan itu, istri nelayan dapat memanfaatkan mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan positif dan bermanfaat.
“Dan tentu saja, produk yang dihasilkan akan dapat dipasarkan sehingga bisa menambah pendapatan keluarga,” kata Tarina

X