Pariwisata

Tujuan pendidikan untuk Ahli Madya Pariwisata yang mampu mengelola salah satu usaha pariwisata secara profesional.

Peminatan :

Peminatan Usaha Perjalanan Wisata

  • Travel
  • Perhotelan
  • Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE)

Tempat Pelaksanaan Praktek Kerja (Magang/on the job training)

  • Bidang Airlines : Singapore, Malaysia, Cathay, dan Garuda
  • Bidang Tour & Travel : Vayatour, Smailing dan travel-travel lain.
  • Bidang minat khusus : Lembaga Oceanologi Nasional (LON), Kebun Raya Bogor, Konservasi Indonesia, dan lain-lain.
  • Instansi Pemerintah : Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI, dan Dinas Pariwisata.

Peminatan Hotel

Hotel Sharing-La, Hotel Borobudur, Hotel Ciputra, Hotel Grand Kemang, dan lain-lain

Peminatan MICE

diseluruh perusahaan yang bergerak di Industri MICE yang tergabung dalam ASPERAPI, misalnya PT. Dyandra Promosindo, PT. Mediatama Bina Kreasi, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta International Expo.

 

Program Vokasi UI bekerjasama dengan :

  1. ASITA (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies)
  2. Asosiasi The Indonesia Tours & Travel Agencies (ASITA) adalah perserikatan non-profit dari wirausaha pariwisata Indonesia, yang diakui secara hukum. ASITA telah menyiapkan upaya untuk meningkatkan pembangunan, nilai dan kualitas perjalanan dan pariwisata Indonesia untuk kepentingan anggotanya. Selain mendorong pariwisata budaya dan berbasis lingkungan, ASITA secara optimal mengadopsi konsep kearifan dan ciri khas masyarakat lokal, sementara juga mengembangkan budaya industri  pariwisata yang ramah lingkungan dan taat pada peraturan setempat.
  3. ASPERAPI (Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia), sejak didirikan 17 Februari 1990, Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) terus berusaha menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Melalui pameran, produsen bisa bertemu langsung dengan konsumen. Wadah itu berperan sebagai pusat informasi pameran perdagangan baik domestik maupun internasional. Di samping itu, Aserapi  juga meningkatkan kesadaran mengenai produk dalam negeri, serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bisnis, dan membantu anggotanya dalam merumuskan kontak perdagangan.

 

Untuk Mahasiswa Program Studi Pariwisata yang telah mengikuti Ujian Sertifikasi Profesi, berikut Gelar Sertifikasi yang akan didapatkan: