Komunikasi

Peminatan Komunikasi Penyiaran

Tujuan pendidikan untuk menghasilkan tenaga Ahli Madya Komunikasi di bidang Penyiaran (Broadcasting) yang sanggup melaksanakan pekerjaannya secara praktis mulai dari perencanaan sampai produksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, hukum dan etika profesi.

Peminatan Komunikasi Periklanan

Tujuan pendidikan untuk menghasilkan tenaga Ahli Madya Komunikasi di bidang Periklanan (Advertising) yang sanggup melaksanakan pekerjaannya secara praktis mulai dari perencanaan sampai produksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, hukum dan etika profesi.

Peminatan Komunikasi Hubungan Masyarakat

Tujuan pendidikan untuk menghasilkan tenaga Ahli Madya Komunikasi di bidang Hubungan Masyarakat (Public Relations) yang sanggup melaksanakan pekerjaannya secara praktis mulai dari perencanaan sampai produksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, hukum dan etika profesi.

Profesi dan Career Path bagi lulusan Program Studi Komunikasi

Peminatan Public Relations (Hubungan Masyarakat)

Kini public relations (PR) menjadi salah satu profesi yang banyak diincar oleh para pencari kerja. Menjanjikan penghasilan tinggi dan hampir semua perusahaan yang menerapkan manajemen moderen membutuhkan public relations. Menurut Indira Abidin (Fortune PR), public relations memang mempunyai peran dalam membangun hubungan timbal balik dengan berbagai stake holder. Mereka harus membangun hubungan yang baik untuk mendukung tercapainya tujuan bagi pribadi, organisasi, atau perusahaan.

PR yang bekerja pada sebuah perusahaan biasa disebut inhouse public relations. Peluang karier PR sangat besar dan luas, sejalan dengan modernisasi yang terjadi di segala bidang.

Menurut Indira, selama dua tahun belakangan ini ia banyak menerima proyek berkaitan denganpublic relations. Banyak permintaan yang datang ke Fortune PR. Hampir 30 % dari luar negeri.

Jenjang karier PR contohnya adalah account coordinator, associate, senior associate, consultant, senior consultant, dan principal consultant.

Kisaran penghasilan PR di level pemula sekitar Rp. 3 juta hingga Rp. 5 juta per bulan. Sedangkan penghasilan tingkat senior berkisar Rp. 7 juta hingga Rp. 12 juta. Di level selanjutnya penghasilan mereka bisa mencapai puluhan juta per bulan.

Peminatan Advertising (Periklanan)

Pertumbuhan dunia periklanan di Indonesia per tahunnya 20 %, media untuk beriklan di Indonesia juga turut berkembang. Dan itu memberikan peluang yang bagus bagi perusahaan periklanan, sebab dengan demikian banyak alternatif bagi klien untuk beriklan.

Bidang pekerjaan yang ditawarkan industri periklanan adalah Account Service, Creative, Media, Production, Traffic and Product Management, Research, dan Strategic Planning.

Dalam bidang Account Service, jenjang kariernya diawali dengan Junior Account Executive, lalu naik ke Senior Account Executive, Account Supervisor, Account Manager, dan terakhir Account Director.

Selain beragam tawaran pekerjaan di industri periklanan, ada pekerjaan lain yang ada hubungannya dengan latar belakang pendidikan komunikasi periklanan, yaitu Corporate Communication Specialist, Jurnalis-Ekonomi-Bisnis, Fotografer, Graphic Designer dan Illustrator.

Peminatan Broadcasting (Penyiaran)

Pesatnya pertumbuhan industri televisi di Indonesia, terutama dengan lahirnya banyak stasiun televisi lokal, dapat menjanjikan banyak harapan bagi praktisi Broadcasting. Berkarir di dunia penyiaran dapat meliputi berbagai macam jabatan, antara lain penulis (writer), asisten produser, produser, produser eksekutif, reporter, cameraman, koordinator peliputan dan lain sebagainya.

Menjadi reporter atau jurnalis bisa dikatakan merupakan posisi awal dalam karir jurnalistik di industri TV. Skill sebagai seorang reporter menjadi bekal dasar untuk menapak ke jenjang karir berikutnya, menjadi supervisor bahkan menjadi manager.

Untuk Mahasiswa Program Studi Komunikasi yang telah mengikuti Ujian Sertifikasi Profesi, berikut Gelar Sertifikasi yang akan didapatkan: