Administrasi Perpajakan

Administrasi Perpajakan

Untuk menghasilkan Ahli Madya Perpajakan yang mampu melaksanakan kewajiban dan memenuhi hak perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Negeri dan Wajib Pajak Badan Dalam Negeri secara profesional berdasarkan ketentuan perpajakan yang berlaku.

Profesi dan Career Path bagi lulusan Program Studi Administrasi Perpajakan

a). Pegawai Direktorat Pajak

Profesi ini dikenal sebagai ujung tombak pengaman penerimaan negara. Berdasarkan undang-undang perpajakan yang telah disahkan oleh DPR seperti yang telah disebutkan diatas dan Peraturan Pelaksanaan yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan dan level Direktorat Jenderal, maka pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan melakukan Law Enforcement atas undang-undang dan peraturan pelaksanaan yang berlaku tersebut untuk mengamankan target-target penerimaan negara.

b). Konsultan Pajak

Profesional – yang bukan merupakan karyawan Wajib Pajak – yang telah memenuhi kualifikasi pendidikan tertentu dan memiliki izin dari Menteri Keuangan untuk memberikan nasehat perpajakan, dapat menerima kuasa untuk melaksanakan kewajiban perpajakan atas nama Wajib Pajak dengan menerima imbalan tertentu (fee), meskipun tanggung jawab tetap berada pada Wajib Pajak itu sendiri.

c). Tax Specialist (Perusahaan)

Profesional – yang latar belakang perpajakan yang memadai serta memiliki kualifikasi teknis tertentu untuk melaksanakan seluruh kewajiban dan kepatuhan perpajakan, memberikan analisa atas setiap permasalahan perpajakan yang terjadi, serta menginformasikan dampak dari setiap perubahan tersebut kepada pihak-pihak berkepentingan.

Pada prakteknya, profesi Tax Specialist dapat berfungsi sebagai pengelola pajak (Tax Manager) di dalam perusahaan yang mewakili manajemen Wajib Pajak dalam menangani seluruh aspek perpajakan perusahaan yang telah memenuhi kualifikasi teknis tertentu dan menerima gaji dari perusahaan. Tax Manager dituntut untuk menciptakan dan menjalankan suatu sistem internal informasi perpajakan yang efektif dan efisien untuk menciptakan kualitas dokumen dan pelaporan perpajakan yang auditable dan reliable.

Jenjang karir Tax Specialist di perusahaan :

  1. Tax Accountant
  2. Senior Tax Accountant
  3. Tax Supervisor
  4. Tax Manager
  5. Tax Director

Gelar Sertifikasi untuk LSK Perpajakan adalah Certified of Tax Competency (CTC), sedangkan pasal 21 sebagai kekhususan dijelaskan dalam Surat Keterangan Gelar: