Laboratorium Perkantoran dan Sekretari

Kepala Lab. Perkantoran dan Sekretari: Istiadi, SE., MM., M.Si.

Keberadaaan Laboratorium perkantoran dan Sekretari di Prodi Administasi Perkantoran dan Sekretari ini tak lepas dari sasaran  dari Program Studi ini yang bertujuan menghasilkan tenaga Ahli Madya Administrasi Perkantoran dan Sekretari yang mampu mengelola perkantoran dan menjunjung tinggi Etika Profesi.  Sehingga lulusan dari program studi ini diharapkan memiliki kemampuan teknis tinggi (skilled) yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan tugas-tugas di bidang administrasi perkantoran dan kesekretarisan.

Jenjang jabatan sekretaris adalah: yunior administrative assistant, administrative assistant, senior administrative assistant, executive assistant hingga office manager. Dengan adanya penjenjangan jabatan sekretaris ini, akan memberikan peluang bagi para sekretaris untuk meningkatkan kemampuannya. Setiap jenjang jabatan sangat ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki.

Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan posisi administrative professional, meliputi communication skills (listening, speaking and writing), human relation skills, decision making skills, technology skills, dan life-long learning skills.

 

Peralatan Penunjang

Program Studi Administrasi Perkantoran dan  Sekretari yang merupakan bagian dari Program Vokasi  Indonesia dilengkapi dengan laboratorium Perkantoran dan Sekrearis yang cukup modern. Untuk melengkapi praktek para mahasisiwa di  laboratorium, berbagai peralatan kantor modern telah tersedia  seperti :

  • Ruangan dan meja untuk resepsionis
  • Ruang Direktur lengkap dengan meja
  • Ruang rapat  lengkap dengan meja modern
  • Ruang-ruang kecil tiap bagian / unit kerja
  • Computer yang terhubung dengan Local area Network beserta printer
  • CCTV
  • Mesin tik manual
  • Mesin Fax
  • Mesin penghancur kertas
  • Infocus beserta layar
  • Lemari File, dll

 

Laboratorium perkantoran dan sekretaris di sediakan bagi para mahasiswa prodi administrasi Perkantoran dan Sekretaris sebagai tempat untuk mempraktekkan langsung  aktivitas  bekerja di kantor. Sehingga diharapkan setelah lulus nanti para alumni Prodi APS di canggung untuk bekerja didalam lingkugan kantor yang sebenarnya  Adapun  kegiatan perkuliahan  di laboratorium ini meliputi kegiatan  perkuliahan berupa praktikum studi kasus perkantoran, dimana setiap pertemuan mahasiswa diberikan peran-peran seperti layaknya di kantor.  Setiap minggu studi kasus yang diberikan berbeda-beda  oleh dosen yang mengampu mata kuliah tersebut  sehingga para mahasiswa menjadi bersemangat mengikuti kegiatan perlukiahan dilaboratorium. Laboratorium perkantoran ini didukung pula oleh keberadaan laboratorium mengetik sehingga para mahasiswa terlatih didalam mengetik cepat serta Laboratorium computer yang lebih lengkap.

 

Modul Penunjang Kegiatan Di Laboratorium

Untuk menunjang praktek mahasiswa dilaboratorium juga tersedia modul-modul lab seperti :

  • Modul Simulasi Perkantoran
  • Modul Kesekretarisan
  • Modul Komputer Bisnis
  • Modul Oganisasi dan Manajemen Bisnis

 

Hal ini semua ditujukan agar mahasiswa dapat praktek seperti layaknya di kantor

 

Program Magang

Mahasiswa yang sudah memasuki semester 6 di wajibkan melakukan magang ( kerja praktek)  di Perusahaan – Perusahaan baik lokal maupun multinasional.  Beberapa perusahaan yang selama ini menydiakan tempat magang bagi para mahasiswa kami  antara lain adalah :

  • PT, Pertamina
  • PT. Garuda Indonesia
  • PT. Aerosistem Indonesia
  • Bank Indonesia
  • Total E &P Indonesie
  • Exxon Mobil Oil ndonesia
  • PT. Sneider
  • Boehringer Ingelheim
  • PT Trakindo Utama Group
  • Grup Sinar Mas
  • British Petrolium
  • Commonwealth Bank
  • Bank Indonesia, dan lain-lain
  • Lembaga Penjamin Simpanan
  • Reasuransi Indonesia
  • Bursa Efek Indonesia

 

Kerjasama

Untuk menunjang kegiatan di laboratorium ini pula telah dijalin kerjasama-kerjasama  tidak langsung dengan berbagai pihak seperti Lembaga Lembaga Sertifikasi Profesi seperti APSI ( Administratif  Profesional dan Sekretaris Indonesia) dalam bentuk dosen Tamu  kuliah Umum dan melibatkan mereka dalam  perbaikan kurikulum Program Studi

Sejak  tahun 2015 ini, beberapa Dosen Tetap dari Program Studi ini juga berstatus Asesor Kompetensi BNSP ( Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia.