Teknologi Informasi

Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi Universitas Indonesia hingga saat ini telah mengembangkan beberapa fasilitas teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh civitas Universitas Indonesia dan masyarakat umum. Diantaranya adalah penggunaan Single Sign On (SSO) user account menggunakan LDAP untuk seluruh aplikasi di UI, diantaranya: Sistem Informasi Kepegawaian (SIPEG), Sistem Oracle Finance, dll. Hingga bulan Mei 2008, bandwidth UI mencapai 40 Mbps, dan jaringan Riset Perguruan Tinggi Indonesia (INHERENT) mencapai 3×155 Mbps.

Sistem Informasi yang sudah ada di UI

SIAK NG Sistem Informasi Akademik merupakan aplikasi untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik dan efektif, baik didalam maupun diluar lingkungan kampus melalui internet. Garis besarnya meliputi aktifitas sebagai berikut:

  • Pengisian Kartu Rencana Studi.
  • Informasi Kartu Hasil Studi.
  • Informasi kelas dan dosen.
  • Informasi jadwal kuliah dan ujian.
  • Pengisian Biodata Mahasiswa.
SIPEG Sistem Informasi yang merupakan aplikasi yang menjadi pendukung aktifitas-aktifitas Manajemen SDM di lingkungan UI yang terkait dalam hal perencanaan, dan penyusunan sistem pemrosesan data dalam rangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya dalam kampus.
SIMAF Sistem Informasi Manajemen Aset dan Fasilitas adalah sebuah aplikasi pengelolaan aset yang ditujukan untuk perusahaan besar atau BUMN dengan aset dengan jumlah banyak yang seharusnya memerlukan sebuah divisi sendiri untuk pengelolaan aset tersebut. Sistem Informasi Manajemen Aset dapat menjawab permasalahan-permasalahan aset yang sering dihadapi BUMN, Departemen, atau perusahaan berskala enterprise seperti berikut :
EDOM Sistem Informasi yang merupakan aplikasi untuk mendukung penjaminan mutu akademik dalam penyelenggaraan pendidikan di kampus. Sistem ini menjadi sarana alat ukur dan evaluasi dosen berdasar penilaian mahasiswa yang berbasiskan internet/web.
SK034 Sistem Informasi untuk mendukung proses pengumpulan data saat menjalani akreditasi berdasar standar DIKTI, sehingga program studi/ departemen dapat bergerak dengan lebih efisien dan efektif.
BP Sistem Informasi pendukung Sistem Informasi Akademik yang berfungsi sebagai manajemen data keuangan Biaya Operasional Pendidikan dan pencicilan Uang Pangkal.
LONTAR Sistem Informasi pendukung oprasional perpustakaan yang berfungsi sebagai sarana manajemen katalog buku dan berbagai koleksi berikut status ketersediannya pada perpustakaan yang berada di lingkungan Universitas Indonesia. Dengan aplikasi inii civitas academica UI bisa mencari koleksi perpustakaan tanpa perlu harus datang.
CML Sistem Informasi yang merupakan aplikasi pendukung prose’s belajar mengajar dengan berbasiskan web. Sistem ini sudah mencakup aktifitas dan informasi Setahun Acara Perkuliahan,, manajemen perkuliahan berdasarkan sumnber daya dan termin waktu hingga pengerjaan ujian/quiz.
Webmail Webmail adalah klien email yang menggunakan halaman Web sebagai media untuk mengelola email di sisi klien. Sesuai dengan sifat AplikasiWeb, pemakai Webmail tidak perlu melakukan instalasi perangkat lunak dan cukup mengisi sangat sedikit konfigurasi. Dengan kemudahan akses halaman Web dari banyak tempat, Webmail menjadi lebih disukai lagi terutama bagi mereka yang sering berganti-ganti komputer untuk akses Internet.
Simbion Sistem Informasi Beasiswa Online menyediakan informasi beasiswa untuk mahasiswa program S1 yang dikelola oleh Direktorat Kemahasiswaan dan Manajer Mahalum Fakultas Universitas Indonesia. Mahasiswa UI dapat secara langsung mengajukan beasiswa secara online pada setiap beasiswa yang terdaftar. Saat ini UI telah mengelola banyak beasiswa yang berasal dari pihak Pemerintah maupun pihak Swasta.