Sepeda Kuning

Sepeda Kuning

Program Sepeda Kuning digagas dan direalisasikan Rektor UI, Prof . Dr. der Soz Gumilar Sumantri  pada Juli 2008. Sepeda kuning merupakan komitmen nyata dari UI dalam mewujudkan progam Kampus Hijau. Program yang awalnya bekerjasama dengan B2W dan Polygon menjadikan UI sebagai universitas yang memiliki sepeda kampus pertama di Indonesia. Sepedanya didesain berwarna kuning, khusus untuk UI, dan merupakan sepeda “single seat”.

Awalnya program ini menyediakan  200 sepeda dengan 11 shelter sepeda. Hingga Januari 2010 bertambah menjadi 400 sepeda dan 17 shelter. Fasilitas sepeda akan terus ditambah sesuai perkembangan yang ada. Ketujuhbelas shelter tersebut berada di PAU, Perpustakaan, FIB, Masjid UI, FISIP, Ekonomi, Teknik, Pusgiwa, FMIPA, FKM, Pocin, Stasiun UI, Asrama, Wiramakara, PAU Danau, dan Balai Sidang.

Syarat Penggunaan: Kartu Mahasiswa, Dosen, Karyawan UI yang masih berlaku.

Cara Penggunaan:

  1. Tunjukkan Kartu Mahasiswa, Dosen, Karyawan yang masih berlaku pada petugas yang berada di setiap shelternya.
  2. Sepeda kampus hanya digunakan pada jalur (trek) sepeda yang telah disediakan.
  3. Sepeda dilarang digunakan diluar pada jalur (trek). Apalagi dibawa keluar area kampus UI.
  4. Sepeda dilarang digunakan kedalam wilayah Hutan Kota yang berada di wilayah UI dan pastinya sepeda ini tidak dirancang untuk “off road”.
  5. Sepeda untuk 1 pengendara, terdapat tempat penyimpanan tas, max kapasitas disarankan 10 kg dan bukan untuk penumpang.
  6. Selama sepeda belum dikembalikan kepada petugas, maka sepeda menjadi tanggung jawab penuh termasuk kehilangan dari peminjam baik mahasiswa, dosen, maupun karyawan.
  7. Sepeda dikembalikan pada shelter tujuan terdekat lepada petugasshelter.

Hari dan jam Pelayanan: Senin sampai Jum’at dari pukul 07.30 WIB s/d pukul 17.00 WIB.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam bersepeda:

Setelah menerima sepeda dari petugas shelter:

  1. Pastikan sepeda dalam keadaan baik dan semua berfungsi.
  2. Letakkan buku/tas pada tempat yang disediakan, kalaupun tas harus diselempangkan pada bahu maka pastikan tidak ada yang akan jatuh selama bersepeda.
  3. Atur tempat duduk sesuai tinggi badan, karena kenyamanan bersepeda yang utama ditentukan oleh tinggi rendahnya posisi temapt duduk.
  4. Pastikan kedua tangan memegang “handel/ stang” sepeda.
  5. Sepeda kuning UI adalah sepeda yang mempunyai 6 pengaturan (shifter), gunakan sesuai kebutuhan. “Shifter“ 1 diameter paling besar kayuhan lebih berat tetapi daya tempuh per rotasi lebih besar digunakan pada jalur datar dan menurun, selanjutnya “shifter“ 3 medium dan “shifter“ 6 diameter paling kecil untuk kayuhan lebih ringan dan daya tempuh per rotasi lebih kecil digunakan pada jalan mendaki.
  6. Gunakan sepeda pada trek yang telah disediakan.
  7. Gunakan sisi kiri bila berpapasan dengan pengguna sepeda lain dari arah berlawanan.
  8. Jangan berjalan berjajar lebih dari 2 sepeda.
  9. Bila terjadi kerusakan dan gangguan selama peminjaman laporkan pada petugas shelter, petugas patroli atau gunakan no telp darurat sepeda.
  10. Utamakan pejalan kaki.
  11. Perhatikan kendaraan bermotor ketika akan melintasi perlintasan jalan umum.
  12. Utamakan keselamatan.