ratih-surtikanti_2x3Ratih Surtikanti, S.S., M.Hum. bergabung sebagai pengajar di Program Studi Manajemen Informasi dan Dokumen Program Vokasi Universitas Indonesia mulai akhir tahun 2009 untuk mata ajar Organisasi Informasi yang meliputi pembuatan metadata, temu kembali, dan penataan dokumen baik arsip, bahan pustaka dan media lainnya. Meraih gelar Sarjana Sastra untuk bidang Ilmu Perpustakaan dan Magister Humaniora Kekhususan Informasi dari Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI).

Mengawali karirnya sebagai praktisi dan konsultan pengelolaan perpustakaan dan unit informasi sejak tahun 2006. Pernah bekerja di berbagai unit informasi seperti Perpustakaan Keliling Pustaka Kelana, Ikatan Akuntan Indonesia, Perpustakaan Perguruan Tinggi, juga memberikan konsultasi pengelolaan perpustakaan dan arsip di berbagai jenis instansi.

Menulis tentang sejarah Perpustakaan Islam masa Abbasiyah untuk skripsinya membuka wawasan tentang peran umat Islam dalam perkembangan ilmu dan perpustakaan dan posisi profesi pustakawan dalam masyarakat Islam. Sedangkan penelitian yang dilakukan tentang pola riset yang dilakukan peneliti Program Riset Unggulan Terpadu untuk tesisnya menunjukan bahwa di Indonesia belum ada keseimbangan jumlah penelitian di bidang sosial dan sains.

Publikasi:

  • 2014 Buku Materi Pokok ASIP 4407 Akses dan Layanan Arsip dengan judul Modul 2, Sarana Temu Kembali Manual dan Online
SHARE