priyanto_2x3Priyanto, SS., M.Hum. Dosen Tetap Program Studi Pariwisata Program Vokasi UI ini adalah seorang dosen, peneliti sekaligus seorang praktisi pariwisata dalam bidang Seni dan Budaya.

Memulai karir pertamanya sebagai asisten dosen di Fakultas Sastra Universitas Indonesia pada tahun 1995-1998. Lulus S1 Fakultas Sastra pada tahun 1997 dan mencoba sebuah karir baru dengan bekerja di beberapa perusahaan di bidang Export-Import, Freigt Forwarder, Logistic hingga tahun 2003. Rupanya dunia kerja yang telah ditekuni tidak dapat membahagiakannya, karena dunia pendidikan adalah yang menjadi tujuan hidup dan dedikasinya.

Pada tahun 2003, kembali mengabdikan diri sebagai Dosen Luar Biasa di Fakultas Sastra Universitas Indonesia. PAda tahun 2006 mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan Program Pasca Sarjana (S2) dibidang Arkeologi Permuseuman di FIB UI yang dibiayai oleh pemerintah melalui Program Beasiswa Unggulan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pada tahun 2010 bergabung di Program Vokasi sebagai Dosen tetap Program Studi Pariwisata.

Sepanjang karirnya, pria yang lahir di Banjarnegara, Jawa Tengah 13 April 1974, aktif mengikuti berbagai kegiatan simposium, seminar, lokakarya dan berbagai kegiatan lainnya. Karya ilmiah yang telah dihasilkannya antara lain Museum Poerna Bhakti Pertiwi dalam Konsep Soeharto sebagai Prajurit dan Negarawan, Keris sebagai Salah Satu Kebudayaan Materi, Analisis Struktural Citra Wanita dalam Novel Jawa, Seni Wayang untuk Pendidikan Karakter.

Minatnya pada bidang pariwisata seni dan budaya mendapat perhatian dari Lembaga Kebudayaan Jawa yang menganugerahi sebagai “Pelestari Pariwisata Seni dan Budaya”. Kecintaannya pada bidang Pariwisata Seni dan Budaya diwujudkannya dengan mengikuti berbagai ajang/kompetisi/lomba Art Performance baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Disela-sela aktifitasnya sebagai pengajar tetap di Program Studi Pariwisata Program Vokasi UI, berbekal pengetahuan akademik dan profesional di Bidang Pariwisata Seni dan Budaya, kerap kali dipercaya oleh berbagai institusi baik pemerintah maupun swasta sebagai Narasumber, Fasilitator, Trainer, Coach untuk bidang pariwisata, seni dan budaya.

Publikasi:

  • 2009 Pencitraan Tokoh Soeharto dalam Museum Purna Bhakti Pertiwi, karya sudah di catat, di dokumentasikan dan menjadi koleksi Perpustakaan UI
  • 2010 Konservasi Koleksi Keris Museum Pusaka Taman Mini Indonesia Indah, karya sudah di catat, di dokumentasikan dan menjadi koleksi Perpustakaan UI
  • 2013 Keris Sebagai Salah Satu Kebudayaan Materi, Jurnal Vokasi Indonesia, Vol. 1, Januari-Juni 2013, ISSN 2355-5807
  • 2014 Studi Awal Perumusan Indikator Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran 12 Destinasi Wisata di Jakarta Utara, Jurnal Vokasi Indonesia Vol. 2 No.1, Januari-Juni 2014, ISSN 2355-580
  • 2015 Komunikasi Ritual Peziarah “Ngalap Berkah” di Kawasan Wisata Gunung Kemukus, Jurnal Vokasi Indonesia Vol.3 No.2, Juli-Desember 2015, ISSN 2355-580
SHARE