nia-murniati_2x3Nia Murniati, SKM., MKM. lahir dan besar di Majalengka. Selepas lulus dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dengan peminatan Biostatistik dan Informasi Kesehatan, Nia melanjutkan pendidikan Magister nya pada Fakultas yang sama dengan peminatan Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Perempuan yang berulang tahun setiap tanggal 27 Desember ini merasa bahwa menjadi pendidik adalah amanah dalam hidupnya.

Hingga saat ini, Nia telah menerbitkan beberapa tulisan ilmiah yang berfokus pada mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pelanggan. Nia telah mengikuti berbagai seminar dan pelatihan mengenai Manajemen Mutu dan Sertifikasi Lead Auditor ISO 9001:2008. Beberapa penelitian yang telah dilakukan Nia diantaranya : Pencapaian Standar Minimal Pelayanan RSUD, Survey Kepuasan Pelanggan RS, dan Analisis Market Survey RS. Dari penelitian yang telah dilakukannya, Nia menyimpulkan bahwa peningkatan mutu berkesinambungan (continous quality improvement) adalah target mutlak yang harus dilakukan institusi pelayanan kesehatan untuk mempertahankan pelanggan dan memenangkan persaingan.

Sebagai seorang pendidik, Nia sangat dekat dengan mahasiswanya. Menurutnya, menciptakan hubungan baik dengan mahasiswa sangat mendukung suasana kondusif untuk berdiskusi diluar jam kuliah. Nia meyakini setiap personal mempunyai tingkat pemahaman dan kecepatan belajar yang berbeda-beda, karenanya memfasilitasi setiap konsultasi dengan mahasiswa adalah suatu keharusan baginya. Diluar aktivitasnya sebagai pendidik, Nia menyalurkan hibinya dengan menonton film dan membaca buku.

Publikasi:

  • 2013 Peningkatan Ketertiban Mahasiswa dalam Pembeljaran Biostatistik dengan Metode Kooperatif melalui Media Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) di Program Studi Perumahsakitan, Jurnal Vokasi Indonesia Vol. 2, Juli-Desember 2013
  • 2013 Survey Kepuasan Pelanggan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi Tahun 2013 (Laporan)
SHARE