Dukung Pengembangan Riset Terapan, Program Pendidikan Vokasi UI Gelar The 1st International Conference of Vocational Higher Education (ICVHE)

Posted by Humas Vokasi UI on 09 November, 2016


Sebagai upaya meningkatkan dan menggali potensi riset terapan, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) menggelar The 1st International Conference of Vocational Higher Education (ICVHE) pada 8 November 2016 di Auditorium Program Pendidikan Vokasi UI. Konferensi internasional yang mengangkat tema "Innovation on Vocational Higher Education” ini diikuti oleh 92 riset terapan terbaik dari berbagai perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri.

Konferensi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Indonesia Prof. Dr. rer. nat Rosari Saleh yang didampingi oleh Direktur Program Vokasi UI Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA. “Konferensi ini melibatkan 8 bidang riset yang menunjukkan bahwa Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia mengikuti perkembangan isu-isu nasional dan internasional di berbagai bidang. Dengan diadakannya The 1st International Conference of Vocational Higher Education ini diharapkan terjadi kolaborasi antara peneliti dan professional di industri” ujar Prof. Dr. rer. nat Rosari Saleh, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Inovasi, Universitas Indonesia.

Dalam Kesempatan ini juga hadir Prof. Ming Chang Wu, Dekan Humanities and Applied Science, National Yunlin University of Science and Technology, Taiwan. Wu membawakan sambutan inti (keynote speech) dengan tema Applied Sciences and Developing Vocational in Higher Education: Lesson Learned from Taiwan. Dalam sambutannya Wu menyebutkan keunggulan pendidikan vokasi di Taiwan yaitu : Program dan Sistem yang komprehensif, Program yang adaptif dan memiliki banyak pilihan, Kerja sama antara industri dan akademik, Output/keluaran yang terukur dan langsung dapat diaplikasikan, Memiliki banyak penghargaan di luar negeri.

Seluruh makalah riset terapan terpilih dipresentasikan dalam kegiatan ini dengan cakupan bidang:

  1. Business, Management, Accounting, Taxation and Economy (BMATES)
  2. Health and Medicine Studies (HMS)
  3. Social Science and Humanities (SSH)
  4. Communication and Media Studies (COM)
  5. Engineering and Technology Studies (ETS)
  6. Travel and Tourism (TNT)
  7. Multidisciplinary Studies (MIS)
  8. General Paper (GEN)

Kegiatan konferensi internasional ini telah melalui serangkaian kegiatan seleksi ratusan makalah riset yang dimulai sejak Juli 2016. Terdapat satu makalah yang dinobatkan sebagai Makalah Terbaik (Best Paper) yaitu makalah atas nama Winny Gunarti W.W dari Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Bahasa Universitas Indraprasta PGRI Jakarta dengan judul Understanding Visual Grammar On The Stop Smoking Public Service Announcement: Analysis of Television Ad “Vocal Cords Loss Due To Smoke”. Pemilihan makalah terbaik ini berdasarkan hasil penilaian reviewer. Tidak hanya pemakalah, kegiatan ini juga dihadiri oleh para akademisi yang ingin memperkaya pegetahuan tentang riset terapan.

Tim Humas dan Media ICVHE